Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Israel Klaim Indonesia Setuju Menormalisasi Hubungan Diplomatik demi OECD

Kompas.com - 12/04/2024, 09:33 WIB
Albertus Adit

Penulis

TEL AVIV, KOMPAS.com - Israel dan Indonesia telah mengadakan pembicaraan mengenai normalisasi hubungan antara kedua negara selama tiga bulan terakhir.

Hal itu dilaporkan situs berita Ynet. Namun, laporan yang tidak bersumber tersebut mengatakan bahwa sebagai imbalan atas terjalinnya hubungan dengan Israel, Yerusalem akan berhenti menghalangi Indonesia untuk bergabung dengan Organization for Economic Cooperation and Development (OECD).

Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) ialah organisasi ekonomi yang saat ini mencakup 38 negara dengan perekonomian terkemuka di dunia.

Baca juga: Apa yang Akan Terjadi ke Depan antara Hezbollah dan Israel?

Dikutip dari The Times of Israel pada Kamis (11/4/2024), laporan tersebut mengatakan OECD juga terlibat dalam pembicaraan tersebut.

Seorang pejabat Israel kemudian mengonfirmasi laporan tersebut kepada Times of Israel.

Israel dilaporkan telah berupaya untuk menormalisasi hubungan dengan Indonesia, bersama dengan Arab Saudi dan negara-negara lain.

Namun, upaya itu telah dilakukan sebelum Israel perang dengan Hamas pecah pada 7 Oktober, yang sebagian besar membuat langkah tersebut kemudian terhenti.

Akan tetapi, pada hari Selasa, sebuah pesawat Indonesia mengambil bagian dalam penerjunan bantuan ke Gaza, yang menandai pertama kalinya sebuah pesawat Indonesia terbang melalui wilayah udara Israel.

Baca juga: Israel Serang Hezbollah di Suriah, Ini Tujuannya

Selain Times of Israel dan Ynet, media Israel lain yakni Yedioth Ahronoth juga memberitakan kabar mengenai kesepakatan Israel dan Indonesia tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com