Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Amerika, Negara Mana yang Pernah Dilanda Tornado?

Kompas.com - 23/02/2024, 13:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) dikenal sebagai "rumah tornado". Ini karena AS sering terjadi tornado setiap tahunnya yang melanda di berbagai negara bagian AS.

Tetapi, tornado sebenarnya fenomena global. Bahkan tornado juga terjadi secara rutin di lebih dari 20 negara di seluruh dunia.

Dikutip dari World Population Review, tornado terbentuk hampir secara eksklusif di garis lintang tengah, antara 20 derajat dan 60 derajat utara dan selatan khatulistiwa.

Baca juga: Awal Februari Amerika Diterjang Tornado, Saat Desember Tewaskan 6 Orang

Di mana udara hangat dari daerah tropis bercampur dengan udara dingin dari kutub, dan telah tercatat terjadi di setiap benua di Bumi kecuali Antartika

Frekuensi sebenarnya dari tornado tidak diketahui di banyak negara. Meskipun Amerika Serikat menggunakan sistem identifikasi dan pelacakan tornado yang canggih, sebagian besar negara lain melacak tornado dengan tingkat urgensi yang lebih rendah (atau tidak sama sekali).

Oleh karena itu, daftar di bawah ini, yang mencakup negara-negara yang diketahui sering terjadi tornado, harus dianggap inklusif, namun tidak komprehensif.

Negara-negara yang dilanda tornado

  1. Argentina
  2. Australia
  3. Bangladesh
  4. Brazil
  5. Kanada
  6. Chili
  7. Perancis
  8. Jerman
  9. India
  10. Italia
  11. Jepang
  12. Malta
  13. Selandia Baru
  14. Paraguay
  15. Polandia
  16. Rusia
  17. Afrika Selatan
  18. Spanyol
  19. Ukraina
  20. Uni Emirat Arab
  21. Inggris Raya/Inggris
  22. Amerika Serikat
  23. Uruguay

Tornado di Amerika Serikat

Amerika Serikat mempunyai jumlah tornado tertinggi dibandingkan negara mana pun di dunia, dengan rata-rata 1.150-1.200 tornado setiap tahunnya.

Jumlah ini tidak hanya beberapa kali lebih tinggi dibandingkan negara nomor 2 (Kanada, dengan sekitar 100 tornado per tahun).

Namun juga jauh lebih kecil dari rata-rata gabungan tahunan dari gabungan negara-negara lain di dunia (200-300).

Baca juga: Tornado 1 Jam Terjang Mississippi AS, Area Sepanjang 274 Km Hancur

Penghitungan tornado di AS disertai dengan peringatan, karena banyak negara lain tidak memiliki sistem pelaporan tornado yang canggih sehingga sejumlah tornado di negara mereka tidak tercatat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com