Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KALEIDOSKOP INTERNASIONAL MARET 2023: Heboh Pembunuhan Abby Choi | Xi Jinping Jadi Presiden 3 Periode

Kompas.com - 26/12/2023, 13:02 WIB
Tito Hilmawan Reditya,
Irawan Sapto Adhi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Februari 2023, publik internasional dihebohkan dengan kematian seorang model sekaligus influencer Hong Kong bernama Abby Choi.

Polisi Hong Kong lalu menangkap empat orang tersangka sehubungan dengan pembunuhan perempuan itu, termasuk mantan suaminya.

Sementara di China, Xi Jinping terpilih lagi menjadi presiden lagi.

 

Berikut adalah rangkuman berita global utama sepanjang bulan ketiga tahun ini dalam Kaleidoskop Internasional Maret 2023:

Xi Jinping resmi jabat Presiden China 3 periode

Xi Jinping mencatatkan rekor bersejarah setelah resmi terpilih kembali untuk masa jabatan ketiga sebagai Presiden China pada Jumat (3/3/2023).

Hampir 3.000 anggota parlemen China (NPC) di Balai Besar Rakyat Agung Beijing memutuskan dengan suara bulat untuk memilih Xi menjadi presiden tiga periode, dalam persaingan tanpa kandidat lainnya.

Sebelumnya, China memberlakukan batas dua periode untuk jabatan Presiden. Xi Jinping kemudian menghapusnya pada 2018 yang didukung hampir dengan suara bulat dari parlemen.

Oktober 2022, Partai Komunis China yang berkuasa mengukuhkannya kembali sebagai Sekjen Komite Sentral untuk lima tahun lagi.

Normalisasi hubungan diplomatik Arab Saudi dan Iran

Pada Maret lalu, Arab Saudi dan Iran akhirnya bersepakat untuk menormalisasi hubungan diplomatik setelah tujuh tahun lamanya membeku.

Kesepakatan pemulihan hubungan diplomatik antara Arab Saudi yang berbasis ideologi Sunni dan Iran dengan ideologi Syiah tersebut dicapai dari pertemuan kedua belah pihak yang berlangsung di Ibu Kota RRC, Beijing atas inisiasi China.

Iran diwakili oleh Ali Shamkhani, Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Tertinggi Iran, bertemu dengan penasihat keamanan nasional Kerajaan Arab Saudi, Musaad bin Mohammed al-Aiban, yang dimediasi oleh Wang Yi, diplomat paling senior di China.

Riyadh memutuskan hubungan diplomatik dengan Teheran pada tahun 2016 setelah barisan pengunjuk rasa menyerbu pos diplomatik Arab Saudi di Iran karena Arab Saudi mengeksekusi seorang cendekiawan Muslim yang juga ulama Syiah terkemuka, Nimr Al Nimr, beberapa hari sebelumnya.

Bagi China, sebagaimana yang disampaikan Wang Yi, peran yang dimainkan China dalam memediasi ketegangan Iran dan Arab Saudi adalah bagian dari tanggung jawab China sebagai negara besar.

Baca juga: KALEIDOSKOP INTERNASIONAL DESEMBER 2022: Belanda Minta Maaf atas Perbudakan di Masa Kolonial | Covid-19 di China Mencemaskan Lagi

"Everything Everywhere All at Once" jadi film terbaik Oscar 2023

Film "Everything Everywhere All at Once" dinobatkan sebagai film terbaik di Academy Awards ke-95 pada Minggu (12/3/2023) waktu AS.

Film garapan Daniel Kwan dan Daniel Scheinert itu juga membawa Michelle Yeoh menjadi wanita Asia pertama yang memenangi piala Oscar sebagai Aktris Terbaik.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com