Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerangka Dinosaurus Mirip Monster Loch Ness Dilelang hingga Rp 12 Miliar

Kompas.com - 12/07/2023, 17:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

NEW YORK, KOMPAS.com - Kerangka dinosaurus mirip legenda monster Loch Ness akan dilelang bulan ini di New York, kata rumah lelang Sotheby's pada Selasa (11/7/2023).

Dinamai Nessie sesuai legenda binatang di kedalaman danau Skotlandia, lelang kerangka dinosaurus itu diperkirakan menarik antara 600.000-800.000 dollar AS (Rp 9-12 miliar).

Adapun dinosaurus yang dimaksud adalah Plesiosaurus, kali terakhir dilelang di Paris pada 2010 dan saat itu berasal dari museum swasta di Jerman.

Baca juga: Salah Satu Fosil Dinosaurus Terbesar di Eropa Ditemukan di Halaman Belakang Rumah Warga

Plesiosaurus ini panjangnya hampir 3,4 meter, ditemukan di tambang Inggris pada 1990. Kerangkanya sekitar 75 persen lengkap dan dalam kondisi sangat baik, kata Cassandra Hotton, kepala Sains dan Budaya Populer Sotheby's.

Dengan kepala kecil, leher panjang, dan sirip, Plesiosaurus hidup pada periode Jurassic Bawah sekitar 190 juta tahun lalu.

"Sejarah Plesiosaurus juga terkait dengan monster Loch Ness yang sulit dipahami dari cerita rakyat Skotlandia, karena banyak yang membuat perbandingan morfologis antara Plesiosaurus dan 'Nessie' yang terkenal, yang penampakannya sudah ada sejak abad keenam," kata Sotheby's dalam siaran pers yang dikutip AFP.

Lelang kerangka Plesiosaurus akan digelar pada 26 Juli di acara Sotheby's yang berfokus pada sejarah alam.

Baca juga:

Kerangka dinosaurus lainnya yang dilelang adalah reptil terbang yaitu Pteranodon, dengan rentang sayap sekitar enam meter dan ditaksir bernilai 4-6 juta dollar AS (Rp 60,3-90,47 miliar).

Dinamai Horus sesuai nama dewa Mesir, spesimen khusus ini ditemukan di negara bagian Kansas, Amerika Serikat. Di galeri Sotheby's, kerangka Pteranodon dipajang dalam posisi terbang.

"Selain penyambungan dan stabilisasi tulang standar, hampir semua tulang fosil asli pada dasarnya tidak direstorasi, artinya pengisi buatan tidak digunakan untuk menggantikan bagian tulang yang hilang," kata rumah lelang tersebut.

Tercatat bahwa makhluk semacam ini sering muncul di franchise film Jurassic Park.

Fosil dari hewan prasejarah sekarang menjadi daya tarik besar di pelelangan.

Rekor lelang tertinggi adalah kerangka Tyrannosaurus Rex yang terjual seharga 31,8 juta dollar AS (Rp 479,27 miliar) pada 2020.

Baca juga: Embrio Dinosaurus yang Diawetkan dengan Sempurna Ditemukan di China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com