Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mobil Tesla Lepas Kendali di China, Tewaskan Sejumlah Orang, Baru Berhenti Setelah Tabrak Gedung

Kompas.com - 15/11/2022, 19:31 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

CHAOZHOU, KOMPAS.com - Sebuah mobil Tesla lepas kendali di jalan China, menewaskan dua orang dan melukai tiga orang sebelum akhirnya berhenti karena menabrak sebuah gedung.

Rekaman mengerikan yang viral menunjukkan Tesla Model Y putih tiba-tiba berakselerasi setelah pengemudi mencoba memarkir mobil.

Kendaraan listrik produksi perusahaan Elon Musk itu selanjutnya hilang kendali dengan kecepatan mengerikan melalui jalan-jalan yang sibuk.

Baca juga: Dinilai Membahayakan, Klaim Mengemudi Otomatis Tesla Diselidiki Otoritas Kriminal AS

Daily Mail mengutip media lokal mewartakan pada Senin (14/11/2022), bahwa keluarga pengemudi mobil tersebut mengatakan pria berusia 55 tahun itu kehilangan kendali atas mobil, sementara pedal rem mobil tak merespons saat diinjak.

Tesla mengaku sedang tengah menyelidiki insiden itu, tetapi memperingatkan akan adanya 'rumor.'

Perusahaan itu mengklaim catatan data mereka menunjukkan pedal rem mobil tidak pernah diaktifkan saat melaju kencang di kota.

Dalam sebuah pernyataan kepada Reuters, Tesla mengatakan sedang bekerja dengan pihak berwenang setempat untuk mengidentifikasi 'kebenaran' dari apa yang menyebabkan kecelakaan itu.

Laporan insiden mobil Tesla lepas kendali di jalan China ini merupakan insiden terbaru dan kesekian kalinya, di mana fitur otomatis perusahaan mobil listrik itu diduga menjadi penyebab potensial kecelakaan.

Video kejadian dari CCTV menunjukkan Tesla Model Y putih menepi perlahan untuk parkir di pinggir jalan sebelum tiba-tiba meluncur kembali ke jalan.

Baca juga: Jokowi ke Media Asing: Ingin Tesla Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Mobil itu hampir menabrak seseorang pengemudi sepeda motor, yang untungnya berhasil dihindari oleh pengemudi sebelum mobil itu meluncur lebih cepat di jalan.

Tesla model Y itu selanjutnya terlihat lepas kendali dengan kecepatan berbahaya melalui jalan-jalan kota yang sibuk, dengan keras menabrak setidaknya dua orang dengan sepeda atau skuter saat melintas.

Mobil listrik tersebut kemudian mendekati persimpangan yang sibuk di mana ia menabrak sebuah truk kecil hingga puing-puingnya beterbangan ke setidaknya dua pengendara sepeda di dekatnya.

Kendaraan itu akhirnya bertabrakan sebuah bangunan hingga menimbulkan asap di sekitarnya. Foto akhir dari mobil itu menunjukkan moncong depan yang hancur.

Baca juga: BYD, Produsen Mobil Listrik China, Kini Kalahkan Tesla Setelah Sempat Diremehkan Elon Musk

Insiden tersebut terjadi pada 5 November di kota Chaozhou, yang terletak di sepanjang pantai China di timur laut Hong Kong.

Jimu News mewartakan seorang pengendara sepeda motor dan seorang gadis SMA tewas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com