Kompas.com - 19/08/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kepada media asing bahwa dia ingin Tesla memproduksi mobil listrik di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam wawancara dengan Pemimpin Redaksi Bloomberg News John Micklethwait, Kamis (18/8/2022).

“Yang kami inginkan adalah mobil listrik, bukan baterai. Untuk Tesla, kami ingin mereka membuat mobil listrik di Indonesia,” kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Bilang ke Media Asing: Putin dan Xi Akan Hadiri KTT G20 di Bali

Dia menambahkan, Indonesia menginginkan ekosistem mobil listrik yang besar.

Selain Tesla, Jokowi juga berharap hal yang sama dilakukan oleh produsen otomotif raksasa seperti Ford, Hyundai, Toyota, dan Suzuki.

Menurutnya, hal itu penting supaya Indonesia tak hanya menajadi pemasok bahan baku atau produsen komponen dalam rantai pasokan kendaraan listrik global.

Saat ditanya kesepakatan yang belum terjalin dengan Tesla, Jokowi menjawab, “Masih dalam proses pembicaraan.”

Baca juga: Putin Telepon Jokowi, Ucapkan Selamat HUT RI

“Semuanya butuh waktu. Saya tidak ingin cepat tanpa hasil. Ini membutuhkan komunikasi yang intens dan hasilnya nanti akan datang,” sambung Jokowi.

Diwartakan Kompas.com sebelumnya, Jokowi bertemu dengan CEO Tesla Elon Musk saat melakukan kunjungan ke AS pada Mei.

Jokowi mengatakan, pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara dengan Elon Musk.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.