Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Menristek RI Bambang Brodjonegoro Terima Penghargaan Bergengsi dari UIUC AS

Kompas.com - 20/10/2022, 23:01 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

CHICAGO, KOMPAS.com - Perguruan tinggi terkemuka Amerika Serikat (AS), University of Illinois di Urbana Champaign (UIUC), memberikan penghargaan kepada Mantan Menristek/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) RI, Prof Bambang Brodjonegoro, pada Selasa (18/10/2022).

Penghargaan tersebut diberikan dalam acara 19th Annual Achievement Awards Banquet, yang menghadirkan para tokoh terkemuka bidang ilmu pengetahuan, seni, riset, inovasi dan pegiat berbagai inisiatif kemanusiaan di tingkat global.

Pada kesempatan itu, Bambang Brodjonegoro meraih penghargaan International Alumni Award for Exceptional Achievement.

Baca juga: AS dan Indonesia Luncurkan Inisiatif Baru, Genjot Percepatan Pembangunan Papua

Dalam sambutannya, Wakil Rektor UIUC Dr William Bernhard mengapresiasi kiprah Bambang dalam perannya sebagai pemangku kebijakan sekaligus akademisi, yang terus mendorong transformasi untuk mewujudkan ekonomi masyarakat berbasis inovasi di Indonesia.

Kontribusi itu termasuk melalui perumusan berbagai kebijakan, yang mengedepankan kesejahteraan masyarakat, yang dinilai sejalan dengan prinsip-prinsip yang dipegang teguh UIUC sehingga membuatnya layak menjadi resipien penghargaan prestisius tersebut.

Sementara itu, dalam sambutannya Bambang mengatakan: “Penghargaan ini saya harapkan dapat menjadi inspirasi bagi para mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh studinya untuk senantiasa memberikan yang terbaik bagi kemajuan bangsa dan negara."

Selain penghargaan bagi para alumni, UIUC dalam kesempatan itu juga memberikan penghargaan kepada enam individu yang dinilai telah memberikan sumbangsih berharga di bidang riset, akademika dan inisiatif kemanusiaan tingkat global.

Baca juga: Cerita dari Jam Tangan Kayu Indonesia: Mendunia dengan Warna, Merambah Semesta lewat Dunia Maya

Tokoh-tokoh itu antara lain Dr Peter Goldsmith, yang merupakan pelopor pengembangan bibit kedelai dan pola pertanian modern di daerah tandus benua Afrika; Hanwei Wang, kandidat doktoral UIUC yang melalui riset biomedis dan nanofotonik berhasil mengembangkan inovasi penting di bidang medis.

Termasuk Prof Arun Chaiseri dari Chulalangkorn University Thailand yang dinilai berkontribusi besar dalam pengembangan teknologi konstruksi dan berjasa dalam proses pengembangan berbagai pencakar langit dunia.

Acara penganugerahan yang diselenggarakan di Alice Campbell Alumni Center UIUC ini terakhir kali diadakan pada 2019 dan baru kembali diadakan pada 2022 setelah sebelumnya ditunda akibat merebaknya pandemi Covid-19.

Dalam acara tersebut, Konsulat Jenderal RI di Chicago (KJRI Chicago) turut hadir bersama para undangan yang terdiri atas tokoh masyarakat, wakil akademika, pelopor inovasi dan perwakilan negara sahabat yang hadir mendampingi para penerima penghargaan dari negara masing-masing.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com