Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Ukraina Poles Tank Rusia yang Direbut, Dipakai Hancurkan Tuannya Sendiri

Kompas.com - 16/09/2022, 13:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Yahoo News

KYIV, KOMPAS.com - Dijuluki “Brigade John Deere”, traktor Ukraina ditampilkan di seluruh media sosial membawa peralatan militer Rusia yang ditinggalkan dengan tergesa-gesa.

Mulai dari tank hingga sistem artileri self-propelled hingga platform pertahanan udara yang rumit bernilai puluhan juta dolar, semuanya diangkut.

Dilansir Yahoo News, prediksi awal Barat bahwa Ukraina akan jatuh ke tangan Rusia hanya dalam waktu tiga hari tampaknya tidak terbukti.

Baca juga: Ukraina Terkini: Kuburan Massal Ditemukan di Izium, Kota yang Baru Direbut Lagi dari Rusia

Dalam pertempuran Kyiv baru-baru ini, kendaraan Rusia yang direbut umumnya hanya diberi lapisan cat cepat dan dihiasi dengan bendera Ukraina sebelum dikirim kembali untuk melawan pemilik sebelumnya.

Tapi sejatinya ada sesuatu yang jauh lebih terorganisir dan sistematis, karena militer Ukraina telah mendorong sejumlah kendaraan Rusia yang direbut maju ke garis depan perang.

Sejak Ukraina merebut kembali hampir semua distrik Kharkiv pada minggu lalu, ada banyak rejeki nomplok dari direbutnya kendaraan Rusia.

Setelah serangan Kharkiv yang sukses di Ukraina selama seminggu terakhir, armada kendaraan lapis baja Rusia ditinggalkan di medan perang oleh pasukan Rusia ketika mereka mati-matian mencoba melarikan diri dari serangan Ukraina.

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-204 Serangan Rusia ke Ukraina: Zelensky Kecelakaan | Pasukan Moskwa Mundur Panik

Rekaman yang diunggah ke media sosial oleh pasukan Ukraina yang menang menunjukkan barisan kendaraan tempur infanteri BMP, yang diparkir rapi di kota Izium yang dibebaskan, tampaknya dalam kondisi hampir sempurna.

Sementara tank T-80U dari Resimen Tank Pengawal Keempat elit Rusia ditinggalkan di sebuah stasiun pemeliharaan, di berbagai negara bagian perbaikan.

Menurut pemantau independen Oryx, yang menggunakan rekaman yang tersedia untuk umum untuk mengkonfirmasi secara visual kerugian peralatan Rusia dan Ukraina, Ukraina telah merebut sekitar 1.841 peralatan berat militer Rusia sejak awal perang.

Inj termasuk 356 tank, 606 kendaraan tempur lapis baja, dan 363 truk dan jip.

Karena Oryx hanya menyertakan peralatan yang telah dikonfirmasi secara visual sebagai yang ditangkap, jumlah sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi.

Baca juga: Kepada Putin, Xi Sampaikan China Siap Kerja Bareng Rusia Selaku Kekuatan Besar

Orang-orang Ukraina telah mengecat ulang kendaraan-kendaraan yang ditangkap ini dalam kamuflase digital mereka.

Mereka juga telah meningkatkan kemampuannya . Truk “Tornado-U” yang ditangkap diberi senapan mesin berat Browning M2 ekstra yang dipasang di kabin.

asementara pengangkut personel lapis baja BTR-82A ditingkatkan dengan pelindung ekstra, penglihatan pencitraan termal, dan platform internet satelit Starlink Elon Musk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com