Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Li Jiaqi, Raja Lipstik China "Hilang" Usai Gunakan Kue Bentuk Tank saat Peringatan Tiananmen

Kompas.com - 07/06/2022, 18:00 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Influencer ternama China Li Jiaqi tiba-tiba diputus dari siaran langsungnya pada Jumat (3/6/2022), atau sehari jelang peringatan tragedi Tiananmen, dengan gambar terakhir menyiarkan dia menunjukkan kue yang tampaknya berbentuk seperti tank.

Li Jiaqi adalah selebriti internet populer dengan lebih dari 64 juta pengikut ini. Dia pernah menjual 15.000 lipstik dalam satu sesi sehingga mendapatkan julukan Raja Lipstik China.

Insiden yang tiba-tiba menimpanya sontak menjadi skandal di internet, dan menimbulkan pertanyaan tentang subjek yang telah lama coba dihilangkan oleh pemerintah China.

Baca juga: Polisi Hong Kong Menangkap Sejumlah Orang saat Larangan Peringatan Tragedi Tiananmen Diterapkan

Diskusi tentang tindakan keras pada 4 Juni 1989, ketika China menempatkan pasukan dan tank pada pengunjuk rasa damai, dilarang di daratan.

Alhasil, generasi muda China telah tumbuh tanpa menyadari apa yang terjadi dalam pembantaian Lapangan Tiananmen 1989.

Live-streaming Li Jiaqi, yang dikenal dengan suaranya yang halus dan penampilan ala idola K-pop itu, secara teratur menarik jutaan pemirsa.

Akan tetapi, selebriti internet berusia 30 tahun ini tidak mengunggah apa pun sejak siaran langsungnya dipotong pada Jumat (3/6/2022), dengan gambar video terakhir darinya menunjukkan dia menyajikan kue es krim dengan dekorasi cokelat yang tampak seperti tank.

Guardian pada Senin (6/6/2022) melaporkan bahwa beberapa hasil pencarian untuk namanya dilaporkan sedang disensor. Dia juga gagal tampil untuk pertunjukan yang dijadwalkan pada Minggu (5/6/2022).

Beijing telah berusaha keras untuk menghapus tindakan keras berdarah Tiananmen dari ingatan kolektif, menghilangkannya dari buku teks sejarah dan menyensor diskusi online.

Baca juga: China Larang Warganya Peringati 33 Tahun Tragedi Tiananmen

Pada Senin (6/6/2022), perdebatan tentang mengapa acara itu terganggu, mencuat di platform media sosial Weibo dengan tagar mencapai lebih dari 100 juta tampilan.

Banyak pengguna berspekulasi tentang apakah Li telah dilarang secara permanen dari streaming langsung, dan apakah dia tahu tentang “tanggal simbolis”.

Li, yang lahir pada 1992 dan terkenal karena penjualan cepat lipstik secara online, telah menarik banyak penggemar muda, kebanyakan wanita.

Banyak yang mengatakan bahwa mereka baru mengetahui tentang penumpasan Tiananmen 1989 untuk pertama kalinya, setelah mencari tahu kemungkinan alasan hilangnya Raja Lipstik China itu.

Menyikapi penggemar yang cemas menanyakan apa yang terjadi pada idola internet itu, seorang pengguna Weibo akhirnya mengatakan bahwa pria 30 tahun itu "baru saja menyentuh topik sensitif".

Baca juga: Slogan Martir Monumen Peringatan Insiden Lapangan Tiananmen yang Terakhir di Hong Kong Ditutup

Foto “manusia tank”, yang menunjukkan seorang pria berdiri sendirian di depan tank yang dikirim untuk meredam perbedaan pendapat di Lapangan Tiananmen Beijing pada 1989, sangat disensor di China.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com