Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Dampak Kapal Moskva Tenggelam dan Kerugian yang Dialami Rusia

Kompas.com - 16/04/2022, 14:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber Reuters

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia mengonfirmasi bahwa kapal perang Moskva tenggelam di Laut Hitam, Ukraina.

Kapal andalan Armada Laut Hitam itu tenggelam saat ditarik ke pelabuhan akibat kebakaran dan ledakan amunisi yang disimpan di dalamnya.

Menurut klaim Ukraina, kapal Moskva tenggelam oleh serangan rudal yang diluncurkan pasukannya dari pantai. Lambung kapal raksasa era Soviet itu pun robek.

Baca juga: Kapal Jelajah Moskva Kebanggaan Rusia Tenggelam, Ukraina Klaim karena Rudal

Namun, Kementerian Pertahanan Rusia belum mengonfirmasi versi kejadian tersebut dan Reuters tidak dapat memverifikasi pernyataan kedua belah pihak.

Lalu, apa dampak kapal Moskva tenggelam bagi Rusia dan seberapa besar kerugiannya? Berikut penjelasannya dari Reuters.

1. Kemampuan militer yang hilang akibat kapal Moskva tenggelam

Rusia memiliki sistem pertahanan udara kuat yang dikerahkan di Crimea, yang direbutnya dari Ukraina pada 2014.

Kapal perang Moskva mampu memberikan pertahanan udara jarak jauh dan mobile untuk seluruh Armada Laut Hitam, juga merupakan pusat komando dan kendali terapung.

Kehilangan kapal perang Moskva akan menurunkan pertahanan udara armada Rusia, terutama pada misi jarak jauh.

Baca juga: Kenapa Rusia Invasi Ukraina di Crimea Tahun 2014, Sejarah dan Penyebab

2. Nasib kru kapal Moskva

Kapal Moskva memiliki sekitar 500 awak pelaut yang menurut Rusia berhasil dievakuasi ke kapal lain lalu dikembalikan ke markas pelabuhan mereka di Sevastopol di Crimea pada Jumat (15/4/2022).

Ukraina menyebutkan kemungkinan ada korban jiwa, tetapi Rusia belum mengatakan apa pun tentang hal itu.

Dalam file foto yang diambil pada tanggal 30 Maret 2014, kapal patroli angkatan laut Rusia 'Pytliviy' (kiri) berlayar di dekat kapal penjelajah rudal andalan Angkatan Laut Rusia 'Moskva' (kanan) yang berlabuh di teluk kota Sevastopol di Crimea. Moskva, kapal perang Rusia di Laut Hitam, rusak parah oleh ledakan amunisi, kata media pemerintah Rusia pada 14 April 2022.AFP Dalam file foto yang diambil pada tanggal 30 Maret 2014, kapal patroli angkatan laut Rusia 'Pytliviy' (kiri) berlayar di dekat kapal penjelajah rudal andalan Angkatan Laut Rusia 'Moskva' (kanan) yang berlabuh di teluk kota Sevastopol di Crimea. Moskva, kapal perang Rusia di Laut Hitam, rusak parah oleh ledakan amunisi, kata media pemerintah Rusia pada 14 April 2022.
3. Apakah tenggelamnya kapal Moskva mengubah jalannya perang?

Sepertinya tidak, tetapi Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa tenggelamnya kapal Moskva kemungkinan akan mendorong Rusia meninjau kembali kekuatan angkatan lautnya di Laut Hitam.

Para pejabat AS yang berbicara dengan syarat anonim mengatakan, meskipun tenggelamnya kapal Moskva akan berdampak simbolis dan berpotensi menimbulkan pertanyaan tentang kemampuan angkatan laut Rusia dalam jangka panjang, hal itu tidak akan berdampak besar pada jalannya konflik.

Sebab, Angkatan Laut Rusia sejauh ini tidak memainkan peran besar dalam perang Ukraina.

Seorang pejabat AS mengungkapkan, Rusia hanya menggunakan kapal perangnya secara terbatas untuk melakukan serangan sesekali dan memasok pasukan di selatan.

AL Rusia tetap dominan di wilayah-wilayah terdekat dan Moskva memiliki peralatan untuk menghancurkan kapal-kapal musuh di laut, tetapi Angkatan Laut Ukraina kini hanya tersisa sedikit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com