Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia: Fase Pertama Operasi Militer di Ukraina Tuntas, Giliran Fokus Bebaskan Donbass

Kompas.com - 26/03/2022, 06:54 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

 

MOSKWA, KOMPAS.com - Militer Rusia mengatakan pada Jumat (25/3/2022) bahwa fase pertama dari operasi militer di Ukraina telah tercapai dan pasukan sekarang akan fokus pada pembebasan penuh wilayah Donbass, Ukraina timur.

"Tugas utama tahap pertama operasi telah selesai," kata Kepala Direktorat Operasional Utama Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Sergei Rudskoi.

Dia mengatakan bahwa sejauh ini kekuatan tempur militer Ukraina sudah berkurang signifikan. Maka dari itu, Rusia akan fokus ke wilayah timur untuk membebaskan wilayah Donbass.

Baca juga: 5 Negara yang Siap Berikan Sanksi ke Rusia Setelah Putin Akui Donetsk dan Luhansk

“Potensi tempur Angkatan Bersenjata Ukraina telah sangat berkurang, yang memungkinkan (kami), saya tekankan sekali lagi, untuk memfokuskan upaya inti kami untuk mencapai tujuan utama, pembebasan Donbass,” ungkap dia, dikutip dari AFP.

Dia mengatakan, pasukan Rusia telah "praktis" menghancurkan angkatan udara dan pertahanan anti-pesawat Ukraina, serta angkatan laut.

Pada saat yang sama, Rudskoi mengatakan, tentara Rusia tidak mengesampingkan serangan di kota-kota, mengeklaim bahwa serangan seperti itu awalnya tidak direncanakan.

"Awalnya, kami tidak berencana menyerbu mereka untuk mencegah kehancuran dan meminimalkan kerugian di antara personel dan warga sipil," katanya kepada wartawan.

"Meskipun kami tidak mengesampingkan kemungkinan seperti itu, ketika kelompok individu menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan kepada mereka, pasukan dan sarana kami akan berkonsentrasi pada hal utama, pembebasan Donbass sepenuhnya," katanya, mengacu pada Ukraina timur.

Baca juga: 4 Negara yang Bergabung dengan Rusia Akui Kemerdekaan Donetsk dan Luhansk

Pejabat militer senior itu berbicara kepada wartawan di Moskwa pada hari ke-30 kampanye militer Kremlin di Ukraina.

Dilansir dari Al Jazeera, pengumuman Rusia itu tampaknya menunjukkan bahwa mereka mungkin beralih ke tujuan yang lebih terbatas setelah mengalami perlawanan sengit Ukraina di bulan pertama perang di Ukraina.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, separatis yang didukung Moskwa sekarang menguasai 93 persen wilayah Luhansk Ukraina dan 54 persen wilayah Donetsk, dua wilayah yang bersama-sama membentuk Donbass.

Pada Jumat kemarin, Kementerian Pertahanan Rusia juga telah memperbarui kerugiannya di Ukraina menjadi 1.351 tentara yang tewas dan 3.825 tentara telah terluka.

Baca juga: Rusia Umumkan 1.351 Tentaranya Tewas, sedangkan Ukraina 14.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com