Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

22 Juli 1997, Manga "One Piece" Pertama Kali Terbit, Bagaimana Luffy Dkk Bisa Jadi Idola?

Kompas.com - 22/07/2021, 14:18 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber wikipedia,CBR

KOMPAS.com - Diproduksi oleh Toei Animation, yang juga membawahi banyak anime seperti "Dragon Ball", "Sailor Moon", dan "Digimon", "One Piece" telah menjadi adaptasi solid dari mahakarya manga shonen karya Eiichiro Oda, yang terbit pertama kali pada 22 Juli 1997.

Dari informasi di Wikipedia, "One Piece" melahirkan waralaba media, yang telah diadaptasi menjadi film festival yang diproduksi Production IG, dan serial anime yang diproduksi oleh Toei Animation.

Animenya sendiri mulai disiarkan di Jepang pada tahun 1999. Selain itu, Toei telah mengembangkan empat belas film animasi fitur dan tiga belas spesial televisi.

Baca juga: One Piece dan Keseruan Rayakan 1.000 Chapter

Beberapa perusahaan juga telah mengembangkan berbagai jenis merchandising dan media, seperti permainan kartu perdagangan dan banyak video game dari "One Piece"

Serial anime ini dilisensikan oleh 4Kids Entertainment untuk rilis berbahasa Inggris di Amerika Utara pada 2004, sebelum dibatalkan dan kemudian diakuisisi oleh Funimation pada 2007.

Lantas, kenapa Luffy dan kawan-kawan bisa jadi idola?

"One Piece" banyak menerima pujian karena penceritaan, seni, karakterisasi, dan humornya.

Beberapa volume manga bahkan telah memecahkan rekor penerbitan, termasuk cetakan awal tertinggi dari buku mana pun di Jepang.

Pada tahun 2015, One Piece menetapkan Rekor Dunia Guinness untuk "salinan terbanyak yang diterbitkan untuk seri buku komik yang sama oleh satu penulis".

Ini membuatnya jadi manga terlaris selama sebelas tahun berturut-turut, dari 2008 hingga 2018.

Baca juga: Mengenal Eiichiro Oda, Pencipta Manga One Piece

Pada Juli 2021, manga tersebut memiliki lebih dari 490 juta kopi yang beredar di 58 negara dan wilayah di seluruh dunia, menjadikannya seri manga terlaris dalam sejarah.

"One Piece" juga merupakan salah satu waralaba media terlaris sepanjang masa.

Serial ini berfokus pada Monkey D. Luffy, seorang pemuda yang terinspirasi oleh idola masa kecilnya, yakni bajak laut kuat Shanks "Red Haired".

Dirinya memulai perjalanan dari Laut Biru Timur untuk menemukan harta karun tituler sembari menyatakan dirinya sebagai Raja Dunia Bajak Laut.

Dalam upaya untuk mengatur krunya sendiri, yakni Bajak Laut Topi Jerami, Luffy berteman dengan seorang pendekar pedang bernama Roronoa Zoro.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com