Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berpose seperti Yesus Kristus di Depan Markas Dinas Keamanan Rusia, Pria Ini Dipenjara

Kompas.com - 07/11/2020, 14:43 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber The Sun

MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang pria dipenjara selama 15 hari setelah berpose seperti Yesus Kristus dan menyalib dirinya di depan markas dinas keamanan Rusia.

Lelaki bernama Pavel Krisevich itu hanya mengenakan cawat dan sepatu kets berdarah, ketika api mulai menyala di bawahnya di Lapangan Lubyanka, Moskwa.

Pada Jumat (6/11/2020), pengadilan Rusia menjatuhkan hukuma penjara selama 15 hari kepada pria berusia 20 tahun tersebut.

Baca juga: Patung Yesus Tunawisma Dikira Gelandangan Sungguhan, Warga Telepon Polisi

Dalam video yang diunggah secara daring, nampak sejumlah aktivis menyalakan api di depan salib Krisevich sebelum mereka membakar apa yang mereka sebut dokumen kasus kriminal.

Pengacara Krisevich Sergey Telnov menjelaskan, jumlah tahanan politik di "Negeri Beruang Merah" semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Telnov membantah kliennya itu sempat melawan ketika hendak ditangkap. Dia mengeklaim Krisevich ditahan di dekat markas dinas keamanan atau FSB.

"Saya tidak tahu Pavel dibawa ke kantor polisi mana ketika memerankan menjadi Yesus," jelas Telnov sebagaiamna diberitakan The Sun.

Penegak hukum menerangkan, mereka melihat ada seorang pemuda mengenakan sepatu kets dan cawat berdarah menyalakan api sebelum mengikatkan diri di salib.

Krisevich, yang kemudian diketahui tidak terluka dalam aksi itu, dikenal sebagai aktivis yang membela tahanan politik di Rusia maupun Belarus.

Kelompok pro-demkrasi Open Russia menyatakan, jumlah tawanan politik di negara mereka meningkat enam kali lipat sejak 2015.

Adapun markas besar FSB, yang dikenal juga bergerak di bidang kontra-intelijen, dulunya merupakan asuransi pada zaman kekaisaran.

Bangunan itu sering diasosiasikan dengan KGB yang suka menindas di zaman Uni Soviet, di mana mereka menginterogasi dan membunuh korbannya tanpa diadili.

Baca juga: Pilpres AS: Apakah Diperlukan Yesus untuk Memenangkannya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com