Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2020, 11:39 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

FLORIDA, KOMPAS.com - Seorang pria yang terkenal dalam foto viral saat peristiwa 9/11 yang terjadi 19 tahun lalu, kini dikabarkan tewas akibat virus corona.

Dilansir The Associated Press, pria bernama Stephen Cooper (78) seorang insinyur listrik yang sebelumnya terkenal dalam sebuah foto yang diambil wartawan saat dia dan puluhan orang lainnya berlari menyelamatkan diri dikabarkan tewas akibat Covid-19.

19 tahun yang lalu, ketika peristiwa serangan 9/11 terjadi pada 9 September 2001 di Amerika Serikat (AS), Stephen Cooper berhasil menyelamatkan diri.

Baca juga: Trump: Virus Corona Lebih Buruk dari Tragedi Pearl Harbor, 9/11

Dia masuk dalam tangkapan kamera wartawan yang ikut berlari sambil mengabadikan peristiwa tersebut. Namun, kala itu, Cooper tidak menyadari dirinya tertangkap kamera.

Cooper dinyatakan tewas akibat virus corona pada 28 Maret lalu di Delray Medical Center, Florida, AS di usia 78 tahun. 

Kabar kematiannya dilaporkan oleh The Palm Beach Post, media lokal Florida yang menerangkan bahwa Cooper adalah seorang insinyur listrik dari New York yang bekerja paruh waktu di Delray Beach.

Baca juga: Dokter AS Sebut Wabah Corona bagai Tragedi Pearl Harbor dan 9/11

Foto yang viral itu ditangkap oleh seorang fotografer The Associated Press yang diterbitkan dalam koran cetak dan majalah-majalah. Foto itu dikenal dengan caption, "9/11 Memorial Museum di New York".

Menurut Janet Rashes, pasangan Cooper yang telah membersamai pria itu selama 33 tahun, "Dia tidak tahu kalau ketangkap kamera."

"Tiba-tiba suatu hari dia melihat majalah TIME dan menyadari itu dirinya lalu berkata, 'Ya Tuhan, itu aku.' Dia terkejut dan seakan-akan tidak percaya."

Baca juga: Kisah Bayi Spesial yang Lahir Serba 9/11

Rashes mengatakan Cooper saat itu tengah mengirim dokumen di dekat World Trade Center (WTC) Menara Kembar yang hancur akibat serangan teroris Al Qaeda.

Dia tidak menyadari apa yang terjadi pagi itu namun dia ingat polisi berteriak, "Kalian harus lari!"

Foto itu menunjukkan Cooper berusia masih 60 tahun, dengan amplop manila yang dia kempit di lengan kirinya. 

Dalam foto itu tampak dia dan beberapa pria berlarian tunggang langgang dengan ekspresi takut menjauhi tembok gedung WTC yang runtuh dan menjadi puing-puing di belakang mereka.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Tragedi 9/11 dan Kisah Tak Terungkap di Baliknya

Cooper kemudian bersembunyi di sebuah tempat aman di dekat kereta bawah tanah.

"Setiap tahun yang memperingati 9/11, dia (Cooper) akan mencari majalah dan berkata, 'Lihat, fotoku muncul lagi,'" jelas Jessica Rashes (27) putri Cooper.

"Dia akan membawa foto itu ke acara barbekyu keluarga, pesta-pesta, ke mana saja yang penting dia bisa memamerkannya."

Sementara itu, menurut keterangan sahabat Cooper, Susan Gould, Cooper bangga dia masuk majalah TIME. Cooper bahkan membeli beberapa kopi majalah tersebut dan bahkan menyimpan satu di dompet.

Sementara menurut keterangan fotografer yang mengambil foto Cooper dan beberapa pria lainnya, Suzanne Plunkett, mengatakan bahwa dia berkomunikasi dengan 2 orang di foto tersebut namun tidak pernah dengan Cooper.

"Sayang sekali saya tidak pernah mengetahui identitas Bapak Cooper," tulis Plunkett kepada media The Palm Beach Post via e-mail pasca kematian Cooper.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com