Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri Scoby Kombucha Tidak Layak Pakai, Ada Bintik Hitam

Kompas.com - 22/05/2024, 09:42 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Scoby atau Symbiotic Culture of Bacteria and Yeast merupakan starter untuk membuat kombucha (minuman teh fermentasi).

Bentuknya bulat pipih seperti piringan, bertekstur kenyal, berwarna keruh, dan mengeluarkan aroma seperti cuka.

Scoby tidak akan basi alias kedaluwarsa. Jika tidak diberi tambahan rendaman air teh maka scoby akan stagnan dan tidak berkembang.

Meskipun begitu, scoby juga bisa rusak dan berujung tidak layak pakai jika cara menyimpan dan merawatnya yang salah.

Lantas bagaimana cara mengetahui scoby sudah tidak layak pakai?

Baca juga:

Cara tahu scoby tidak layak pakai

Menurut pembuat kombucha di kafe Jordnara, Fredick, cara mudah mengetahui scoby tidak layak pakai dilihat dari warnanya.

“Biasanya kalau scoby jamuran, ada bintik hitam atau abu-abu (di permukaan scoby),” kata Fredick kepada Kompas.com saat ditemui di Jordnara, Jakarta Utara, Jumat (17/5/2024).

Ia melanjutkan, bintik hitam tersebut muncul karena scoby telah terkontaminasi debu sehingga bakteri akan mengelilinginya. Alhasil, scoby menjadi tidak bagus dan tidak layak dipakai.

Menurut Fredick, kelayakan scoby untuk memproduksi kombucha tidak bisa diketahui dari aroma dan dari tekstur ketika disentuh.

Ilustrasi scoby.Dok. Healthline Ilustrasi scoby.

Baca juga:

Pasalnya, lanjut dia, scoby normalnya sudah punya aroma asam, dan tingkat keasaman tersebut tidak bisa menjadi pembeda kualitas scoby.

“Kalau dari aroma tidak bisa (dibedakan), lalu dari konsistensinya juga tidak bisa karena susah. Bisa lihat dari fisiknya,” ujarnya.

Ia menambahkan, scoby yang terkontaminasi bakteri bisa terjadi karena tangan tidak bersih ketika menyentuhnya. Akibatnya, hal itu akan membawa debu masuk ke dalam wadah penyimpanan scoby.

Maka dari itu, Fredick menyarankan untuk memastikan tangan atau benda apapun yang akan bersentuhan langsung dengan scoby, wajib dalam keadaan bersih.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com