Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Puding Melon Nata De Coco, Ide Dessert Segar Dingin

Kompas.com - 05/03/2024, 09:49 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat cuaca terik pada siang hari, paling pas menyantap dessert (makanan penutup) yang segar dan dingin. Tidak harus dibeli, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan sederhana.

Paling simpel, kamu bisa membuat puding melon nata de coco. Beberapa bahan yang dibutuhkan, seperti buah melon, agar-agar bubuk, jeli instan, selasih, dan nata de coco.

Buatlah puding melon semalam sebelumnya, atau maksimal pagi hari, lalu simpan di dalam kulkas. Kamu pun bisa menikmati puding dalam keadaan dingin saat siang.

Cara membuat puding melon nata de coco selengkapnya bisa dilihat dalam buku "21 Resep Puding Kreatif" karya tim Saji (2015) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.

Baca juga:

Resep puding melon nata de coco

Bahan puding 1:

  • 400 gram melon
  • 1 liter air bersih
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 1/2 bungkus jeli instan
  • 175 gram gula pasir
  • 5 tetes pewarna makanan hijau
  • 1/4 sendok teh perisa melon
  • 1/2 sendok makan selasih (rendam dengan air bersih)
  • 100 gram nata de coco 

Baca juga: Resep Puding Roti Mentega, Sajikan dengan Selai

Bahan puding 2:

  • 250 mililiter susu cair
  • 1/2 sendok teh agar-agar bubuk
  • 1 sendok teh jeli instan
  • 50 gram gula pasir

Baca juga:

Cara membuat puding melon nata de coco:

1. Blender melon dan air sampai halus lalu saring, setelah itu aduk rata bersama bubuk agar-agar, jeli, gula pasir, pewarna makanan, dan perisa melon.

2. Masak campuran melon di dalam panci sembari diaduk hingga mendidih, kemudian tambahkan selasih dan aduk kembali hingga selasih menyebar secara rata.

3. Bagi campuran puding menjadi tiga bagian, satu bagian tuang ke dalam loyang kotak berukuran 24x12x17 sentimeter, lalu tata nata de coco di dalamnya. Sisihkan hingga puding di dalam loyang menjadi setengah beku.

4. Didihkan kembali dua bagian puding, lalu tuang setengah bagiannya ke atas puding yang sudah setengah beku. Masukkan nata de coco ke dalamnya, lalu sisihkan hingga puding setengah beku.

5. Didihkan sisa campuran puding, lalu tuang ke atas puding sebelumnya yang sudah setengah beku. Tata kembali nata de coco di dalamnya, dan biarkan semua lapisan puding dingin dan membeku.

6. Biarkan puding dingin di suhu ruang terlebih dahulu, kemudian simpan di dalam kulkas. Puding melon nata de coco enak disantap selagi dingin.

Baca juga: Resep Puding Kelapa Muda, Nikmati Langsung atau Jadikan Isian Es

Buku "21 Resep Puding Kreatif" karya tim Saji (2015) terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara daring di Gramedia.com.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com