Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Memilih Piring Tepat untuk Plating Menurut Koki

Kompas.com - 08/02/2024, 15:10 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Piring saji di restoran punya bentuk dan ukuran beragam. Ternyata, pemilihan piring ini ada alasannya.

Pemilik Plant Culture Restaurant, Chef Axhiang mengatakan bahwa pemilihan piring penting diperhatikan untuk menyajikan makanan.

"Wadah makanan itu juga bisa menjadi magnet, gimana kita bisa menyajikan makanan dan membuat orang ingin cobain sajian tersebut," kata Axhiang usai pembukaan restorannya, Jumat (2/2/2024).

Bukan hanya orang yang memesannya, penyajian makanan dengan piring yang cantik juga menarik orang lain untuk mencoba hidangan yang sama.

Sebab, menurut Axhiang, memotret makanan dan mengunggahnya ke media sosial menjadi tren yang dapat menarik lebih banyak pelanggan ke restorannya.

Baca juga:

Fried Eggplant with Green Curry di Plant Culture Restaurant Alam Sutera. Kompas.com/Krisda Tiofani Fried Eggplant with Green Curry di Plant Culture Restaurant Alam Sutera.

Pemilihan piring yang tepat, tidak selalu berdasarkan bentuk unik, melainkan tetap berfokus pada fungsi utamanya.

Piring harus disesuaikan dengan makanan yang disajikan. Lebih dari itu, bebas memilih piring dengan bentuk unik untuk plating.

"Kalau makanannya berkuah, pakai wadah sajinya cekung seperti mangkuk. Kalau tidak berkuah, bisa pakai piring datar," jelas alumni MasterChef Indonesia musim empat tersebut.

Ia mengatakan, tidak ada batasan berkreasi di piring dalam dunia kuliner. Koki atau siapa saja yang menyajikan makanan bisa membuat plating sesuai kreasinya.

"Baik dari masakannya sendiri maupun peralatannya (enggak ada pakem). Dengan memiliki kebutuhan piring untuk plating, membantu bisnis di bidang lain," ungkap Axhiang.

Adapun ia memilih piring saji berbahan keramik. Warnanya beragam, didominasi warna gelap-terang yang kontras dengan makanan.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com