Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Merayakan Gastronomi Indonesia Digelar Mulai 2-11 Februari 2024

Kompas.com - 02/02/2024, 20:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Festival kuliner dan budaya bertajuk "Merayakan Gastronomi Indonesia" digelar mulai hari ini, Jumat (2/2/2024) sampai Minggu (11/2/2024) di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Rangkaian kegiatan ini digelar bertujuan untuk melestarikan kembali kuliner khususnya resep masakan tradisional Indonesia yang terancam punah.

"Erat sekali keberadaan makanan dengan alam, resep makanan itu bisa hilang karena perubahan alam atau kerusakan alam," kata Team Leader Pusaka Rasa Nusantara, Mei Batubara saat ditemui Kompas.com di Taman Ismail Marzuki,  Jumat (2/2/2024).

Baca juga: Potensi Gastronomi Indonesia Dikenal Dunia, Rempah Jadi Kekuatan

Mei melanjutkan, adapun beberapa faktor yang menjadi alasan resep nusantara perlahan hilang yakni karena tidak adanya catatan resep yang diturunkan, sulitnya akses ke alam, serta hilangnya bahan baku di alam.

Festival Merayakan Gastronomi Indonesia ini merupakan gambaran hasil temuan riset yang diperoleh oleh Mei dan tim setelah berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia untuk menelusuri resep tradisional Indonesia.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Foodplace (@my.foodplace)

"Ternyata bukan hanya resep yang kita dapat, tetapi juga cerita budaya di belakangnya, kemudian hubungan dengan alam," katanya.

Aktivitas di Festival Merayakan Gastronomi

Festival Merayakan Gastronomi akan dimeriahkan dengan beragam aktivitas, mulai dari menelusuri Museum Gastronomi, demo aneka masakan Indonesia, gelar wicara mengenai kuliner Indonesia, serta penampilan video singkat mengenai kuliner.

Khusus di Museum Gastronomi, kata Mei, pengunjung nantinya akan menemukan informasi seputar bahan masakan, teknik memasak, resep masakan, dan alat memasak tradisional.

Museum Gastronomi di festival Merayakan Gastronomi Indonesia, Taman Ismail Marzuki, Jumat (2/2/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Museum Gastronomi di festival Merayakan Gastronomi Indonesia, Taman Ismail Marzuki, Jumat (2/2/2024).

Pada proses riset mengenai gastronomi Indonesia ke daerah-daerah di Indonesia, Mei dan tim langsung terjun bertemu dengan ibu-ibu di desa dan bertanya mengenai resep masakan di daerah tersebut yang mulai pudar.

Video singkat mengenai punahnya resep masakan nusantara dilihat dari kacamata warga lokal tersebut bisa disaksikan melalui tayangan video yang ditayangkan selama festival berlangsung.

Baca juga: Ubud Akan Jadi Percontohan Destinasi Wisata Gastronomi Dunia

Acara Festival Merayakan Gastronomi ini terbuka gratis untuk umum, berlangsung mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Alamat lengkapnya di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya Nomor 8, Cikini, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com