Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Jenis Lemak untuk Membuat Kue, dari Hewani atau Nabati

Kompas.com - 28/11/2023, 12:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu bahan penting yang biasanya digunakan untuk membuat aneka kue adalah lemak. Fungsi lemak untuk kue bisa memberikan rasa, aroma, kelembaban, dan kelembutan. 

Ada beberapa jenis kue yang umumnya digunakan melansir dari buku "Delicious & Beautiful Cakes From Home Ala Ordinary Kitchen" (2023) oleh Ricke Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

1. Mentega atau butter

Mentega atau biasa disebut juga dengan butter terbuat dari lemak hewani yaitu dengan memproses lemak susu menggunakan metode churning

Mentega memiliki rasa yang kaya, tekstur yang lembut, serta aroma khas susu yang wangi. Namun, kamu perlu berhati-hati saat menggunakannya. Pasalnya, mentega cepat leleh di suhu ruang. 

Ada dua jenis mentega yaitu mentega tawar dan mentega asin. 

2. Margarin

Dari segi harga, margarin lebih ekonomis dibandingkan mentega. Margarin terbuat dari lemak tumbuhan sehingga rasanya lebih asin dan warnanya lebih kuning. 

Selain itu, margarin juga lebih kokoh di suhu ruang. Namun secara umum, margarin bisa menggantikan mentega dalam adonan. 

Walau bisa saling menggantikan, tetapi ada perbedaan rasa hingga tekstur agak berbeda saat menggunakan margarin sebagai pengganti mentega. 

3. Shortening

Shortening terbuat dari lemak tumbuhan. Ciri khas dari shortening adlaah warnanya putih bersih, tidak kekuningan seperti dua jenis lemak sebelumnya. 

Kandungan lemak pada shortening bisa mencapai 100 persen, sementara margarin terdiri dari 80 persen lemak dan 20 persen air. 

Sterol dan stanol adalah bahan kimia tanaman yang ukuran dan bentuknya mirip dengan kolesterol dan menjadi salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol. Sejumlah kecil sterol dari makanan nabati seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, serta buah-buahan dan sayuran.SHUTTERSTOCK/ALEKSANDERS SAMUILOVS Sterol dan stanol adalah bahan kimia tanaman yang ukuran dan bentuknya mirip dengan kolesterol dan menjadi salah satu makanan untuk menurunkan kolesterol. Sejumlah kecil sterol dari makanan nabati seperti minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, biji-bijian, serta buah-buahan dan sayuran.

4. B.O.S atau Butter Oil Substitute

Butter oil subtitute merupakan produk lemak untuk kue seperti margarin tetapi dari segi rasa, aroma, warna, dan tekstur lebih seperti mentega. 

Jenis lemak untuk kue yang satu ini tidak mengandung lemak trans dan bisa digunakan untuk orang vegetarian atau vegan. 

5. Minyak sayur

Minyak sayur juga bisa digunakan sebagai lemak untuk membuat kue. Minyak sayur bisa berasal dari minyak sawit, kelapa, biji-bijian, serelia, dan sayuran. 

Namun perlu diperhatikan untuk menggunakan minyak yang netral agar tidak merusak rasa dan aroma kue. 

6. Minyak netral

Ditambahkan dari laman All Recipes, minyak netral bisa menggunakan aneka jenis minyak sayur, kanola, biji anggur, dan alpukat. Jenis lemak cair untuk kue ini tidak memiliki rasa sehingga cocok untuk aneka kue yang dipanggang.

Fungsi dari penggunaan minyak netral bisa membuat kue yang dipanggang lebih lembut dan lembab serta tidak mudah keras saat dingin.

Buku "Delicious & Beautiful Cakes From Home Ala Ordinary Kitchen" (2023) oleh Ricke Indriani terbitan Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com