Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEM FIB UI Gelar Literasi Keuangan Dorong Partisipasi Generasi Muda di Pasar Modal

Kompas.com - 22/05/2024, 07:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia menggelar acara literasi dan inklusi keuangan (17/5/2024) sebagai upaya memperkuat fondasi literasi keuangan di kalangan pemuda Indonesia.

Kegiatan menggandeng Aldiracita Sekuritas bersama Star Asset Management, Buana Capital Sekuritas, dan Amantara Sekuritas.

Seluruh kegiatan dilaksanakan dalam rangka menumbuhkan kesadaran pentingnya investasi, mengenalkan berbagai produk investasi, serta memilih lembaga keuangan dan manajer investasi kredibel, serta terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna memastikan keamanan dan kelayakan investasi.

Di sesi pertama, Mindo Leona, VP Fixed Income Sales Aldiracita Sekuritas Indonesia, menyoroti pentingnya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pasar modal, mengingat jumlah investor di Indonesia baru mencapai 12,168 juta pada akhir 2023.

Angka ini masih jauh di bawah potensi jika dibandingkan dengan jumlah penduduk usia produktif kelas menengah ke atas.

Mindo menekankan, meski terjadi peningkatan signifikan sejak 2017, partisipasi ini masih perlu ditingkatkan melalui edukasi dan literasi keuangan. Selain itu, Mindo juga menegaskan edukasi finansial sangat penting bagi mahasiswa yang nantinya akan memasuki dunia kerja.

“Tentunya kita berharap bahwa ketika sudah menerima penghasilan nantinya, mahasiswa-mahasiswi ini dapat mengelola keuangannya dengan baik, tidak terjebak dengan gaya hidup konsumtif”, terang Mindo.

BEM Fakultas Ilmu Budaya UI menggelar acara literasi dan inklusi keuangan (17/5/2024).
DOK. UI BEM Fakultas Ilmu Budaya UI menggelar acara literasi dan inklusi keuangan (17/5/2024).

 

Selain itu, Mindo juga mengedukasi bahwa sekuritas tidak hanya menawarkan produk investasi saham yang saat ini cukup populer di masyarakat.

“Aldiracita Sekuritas Indonesia memiliki beragam obligasi korporasi yang dapat dibeli oleh masyarakat luas. Obligasi-obligasi ini menawarkan kupon yang sangat menarik dan memiliki imbal hasil di atas deposito perbankan," tambah Mindo.

Kemudian pada sesi kedua, Ratih Ayu, Senior Institutional Sales Star Asset Management memaparkan berbagai produk reksa dana yang dapat dijadikan pilihan investor, sesuai dengan tujuan keuangan dan profil risiko mereka.

Produk-produk Reksa Dana dinilai merupakan solusi yang menarik bagi investor pemula karena terdapat manajer investasi profesional yang mengelola dana para investor.

Reksa Dana sendiri memiliki berbagai jenis kelas aset yang dapat dipilih sesuai dengan profil risiko dari investornya mulai dari Pasar Uang, Pendapatan Tetap, Campuran hingga Indeks/Saham.

Baca juga: Ketua BEM UNY Mengaku Dapat Intimidasi Usai Bertemu Komisi X, Ini Kata Kampus

 

Selain itu, produk Reksa Dana juga dapat dibeli dengan harga yang sangat terjangkau contohnya Produk Reksa Dana Indeks Star Infobank15 yang berinvestasi di 15 saham perbankan.

“Coba bayangkan, hanya dengan Rp 100,000 saja, investor sudah langsung berinvestasi di 15 saham bank tersebut. Jika kita beli kelima belas sahamnya satu per satu, nilainya pasti sudah jutaan," jelas Ayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com