Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2? Cek Tips Lolos Menulis Esai Ini

Kompas.com - 20/05/2024, 08:03 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Tahap 2 tahun 2024 akan dibuka bulan Juni mendatang.

Salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa ini adalah menulis esai. Pada syarat beasiswa, esai berjumlah 1500 hingga 2000 kata.

Esai ini berisi komitmen kembali ke Indonesia serta rencana kontribusi lanjutan di Indonesia setelah menyelesaikan studi.

Esai ini tidak memiliki aturan baku soal poin isi ataupun penulisan yang harus dipenuhi, maka dari itu tidak jarang para pelamar LPDP merasa kebingungan untuk menulisnya.

Untuk itu, ada awardee LPDP sekaligus alumnus Fisika ITB penerima beasiswa LPDP PK 220 di Northeastern University, China, Elen Mengtan Kwandou.

Baca juga: Mau Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2? Segera Siapkan 5 Berkas Ini

Elen, yang saat ini menekuni Teknik Metalurgi, menjelaskan esensi dari penulisan esai beasiswa. Esai menurutnya adalah sarana untuk mengomunikasikan karakter, kepribadian, dan rencana masa depan pelamar kepada penilai.

Struktur esai yang efektif, seperti metode sandwich writing dengan bagian introduction, body, dan closing, menjadi kunci menyampaikan pesan secara koheren dan menarik.

Elen menguraikan tips menulis esai yang memikat. Memulai introduction dengan kalimat menarik yang menangkap perhatian pembaca menjadi hal yang krusial.

Ia juga menyarankan untuk menghindari ungkapan tidak baku dan mengakhiri introduction dengan kalimat yang membuat pembaca penasaran untuk melanjutkan membaca.

Baca juga: Kisah Afifatur, Raih LPDP dan Lulus S3 Unair dengan IPK 4,0

Bagian body essay, menurut Elen juga tidak kalah penting. Pelamar harus menjelaskan dengan rinci komitmen mereka terhadap program studi yang dipilih, menjelaskan rencana studi secara detail, dan menonjolkan prestasi akademik serta pengalaman organisasi yang relevan.

Elen menekankan perlunya mengungkapkan kepribadian dan menceritakan pengalaman pribadi secara jujur dan detail.

Setelah berbagai tahapan tersebut, perlu untuk melakukan reviu untuk memastikan esai bebas dari kesalahan tata bahasa dan tipografi.

"Ketelitian dalam menulis esai menunjukkan keseriusan dan kepribadian pelamar,” ungkapnya dilansir dari laman ITB saat mengisi acara "REACTOR: Roadmap to Exploring Advanced Career Tracks in Physics".

10 pertanyaan wawancara beasiswa LPDP.

Elen pun membagikan pengalamannya menghadapi seleksi substansi LPDP. Beliau menguraikan sepuluh pertanyaan umum yang kerap muncul dalam wawancara LPDP. Pertanyaan-pertanyaan tersebut mencakup:

1. Motivasi melanjutkan studi

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com