Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7.506 Siswa Ikut UTBK Gelombang I 2024, Kehadiran Capai 95,85 Persen

Kompas.com - 16/05/2024, 07:38 WIB
Sania Mashabi,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 7.506 siswa mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2024 gelombang I.

Koordinator Pelaksana Pusat UTBK ITB 2024, Achmad Rochliadi mengatakan, dengan adanya angka itu persentase kehadiran mencapai angka 95,85 persen.

"Peserta yang mendaftar ujian seleksi di Pusat UTBK ITB pada gelombang I sebanyak 7.831 peserta," kata Achmad dikutip dari laman resmi ITB, Rabu (15/5/2024).

Menurutnya, peserta yang hadir mengikuti ujian seleksi di Pusat UTBK ITB pada gelombang I adalah 7.506, sehingga presentasi kehadiran peserta yang mengikuti ujian adalah 95,85 persen.

Baca juga: Jadwal UTBK Gelombang 2, Cek Durasi Sesi Pagi dan Siang

Tidak terjadi kecurangan di Pusat UTBK ITB

Achmad mengatakan, pada gelombang I UTBK pelaksanaannya ada di lokasi ITB dan lokasi mitra, yakni SMAN 5 Bandung, dengan rincian, 6.931 peserta di ITB dan 900 peserta di lokasi mitra yaitu di SMAN 5 Bandung.

Sementara itu, pada gelombang II, jumlah peserta yang telah terdaftar ada 7.845, sebanyak 900 peserta di antaranya akan melaksanakan ujian di lokasi mitra, yakni di SMAN 3 Bandung.

"Pada Pusat UTBK ITB tidak ditemukan indikasi kecurangan. Protokol yang diterapkan meminimalisir akan adanya potensi peserta dapat melakukan kecurangan saat ujian," ujarnya.

Adapun gelombang I UTBK berlangsung dari tanggal 30 April dan 2 hingga 7 Mei 2024, sementara gelombang kedua dilakukan pada 14 hingga 20 Mei 2024.

Baca juga: Jelang UTBK SNBT 2024 Gelombang 2, Panitia Ingatkan Peserta Cek Lokasi Ujian

Tips hadapi UTBK SNBT 2024

Achmad pun memberikan sejumlah tips kepada para peserta yang harus diperhatikan para peserta UTBK 2024 sebagai berikut:

1. Istirahat yang cukup menjelang hari mendekati ujian.

2. Kelengkapan ujian yang wajib dibawa adalah:

  • Kartu Tanda Peserta (dalam bentuk tercetak/hard copy).
  • Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat yang sudah dilegalisasi atau Surat Keterangan sedang duduk di kelas XII dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah atau kartu identitas (asli).
  • Kartu identitas diri (kartu siswa sekolah, KTP, paspor, dan lain-lain.

3. Berangkat dari rumah dengan memperhitungkan waktu agar tidak terlambat.

4. Pastikan menggunakan pakaian yang sopan, nyaman, dan tidak menggunakan sandal.

Baca juga: Cara Unduh Sertifikat UTBK SNBT 2024, Bisa Dilakukan Mulai 17 Juni

5. Membaca "Tata Tertib Peserta Ujian Pusat UTBK ITB" (yang dapat diunduh di laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/unduhan dan Instagram ITB https://www.instagram.com/p/C6NfzfUPOWw/?img_index=1 )

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com