Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UGM Buka Beasiswa di 2024, Mahasiswa Dapat Bantuan 2 Semester

Kompas.com - 20/03/2024, 17:47 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka pendaftaran beasiswa UGM 2024 yang dialokasikan dari Sumbangan Solidaritas Pendidikan Unggul (SSPU) tahun 2023.

Komponen beasiswa berupa bantuan pendidikan senilai UKT atau maksimal Rp 4.000.000/mahasiswa/semester untuk periode 2 semester.

Baca juga: 17.000 Mahasiswa Daftar Beasiswa Sobat Bumi Pertamina Foundation 2024

Beasiswa yang diberikan mulai tahun 2023 ini dialokasikan untuk membantu mahasiswa yang sedang mengalami kesulitan ekonomi agar dapat tetap melanjutkan kuliah.

"Ini adalah salah satu cara UGM untuk memfasilitasi mahasiswa yang membutuhkan bantuan keuangan agar mereka tetap bisa melanjutkan studinya," kata Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni, Dr. Arie Sujito dalam keterangannya, Rabu (20/3/2024).

Arie menjelaskan, beasiswa ini menjadi salah satu wujud kepedulian UGM, dan sejalan dengan komitmen UGM untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi generasi muda Indonesia dari berbagai latar belakang sosial ekonomi untuk memperoleh pendidikan terbaik di kampus UGM.

Pada tahun 2023, UGM juga memberikan beasiswa lebih dari Rp 260 juta yang dialokasikan dari Sumbangan Sukarela Pengembangan Institusi (SSPI) 2022.

Beasiswa ini telah membantu puluhan mahasiswa angkatan 2022 untuk dapat melanjutkan studi terlepas dari kesulitan ekonomi yang sedang dialami keluarga mereka dengan besaran bantuan senilai Rp 3 juta per mahasiswa untuk satu semester.

Untuk tahun 2024, pendaftaran Beasiswa UGM dibuka mulai tanggal 13 Maret hingga 22 Maret 2024.

Baca juga: Daya Tampung Vs Peminat Jurusan Kedokteran UI, UGM hingga Unair

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa aktif Program Sarjana dan Sarjana Terapan Angkatan 2023 yang memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dan berasal dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi, dengan catatan mahasiswa tersebut tidak sedang menerima bantuan lain.

Dokumen yang harus dipersiapkan oleh pendaftar beasiswa adalah transkrip nilai semester gasal 2023/2024, formulir pengajuan beasiswa, surat rekomendasi dari fakultas, serta surat keterangan tidak mampu dan/atau bukti penghasilan orangtua senilai bruto maksimal Rp 5 juta per bulan.

"“Kita akan lakukan seleksi secara ketat. Harapannya tentu pemberian beasiswa ini tepat sasaran bagi mereka yang betul-betul membutuhkan," ucap Dr. Arie.

Pendaftaran Beasiswa UGM dilakukan melalui laman simaster.ugm.ac.id.

Baca juga: Kisah Deni, Anak Buruh Tani Kuliah di UGM dengan Beasiswa

Di samping beasiswa ini, mahasiswa UGM juga bisa mengakses informasi mengenai beragam beasiswa lainnya yang tersedia pada laman ditmawa.ugm.ac.id/kesejahteraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com