Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sineas Muda Berkarya di IMAC 2024, Festival Film Pendek CIHUI ILUNI UI

Kompas.com - 13/03/2024, 15:49 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai bentuk kontribusi bagi industri perfilman Indonesia, Creative Industry Hub Ikatan Alumni Universitas Indonesia (CIHUI Iluni UI) menyelenggarakan festival film pendek perdana Iluni UI Movie Award Competition (IMAC) 2024.

IMAC 2024 mengangkat tema "Harmoni dalam Kebhinekaan" membawa pesan persatuan dalam bingkai kebudayaan melalui medium film. Festival ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para sineas muda untuk berkarya dan menunjukkan bakat mereka.

Grand Closing IMAC 2024 digelar Sabtu, 9 Maret 2024 di Makara Art Center, Kampus UI Depok. Festival film ini berhasil menjaring 265 film pendek dari kategori pelajar, mahasiswa dan umum, serta dokumenter.

Pendaftaran IMAC 2024 dimulai sejak 19 Desember 2023 hingga 22 Februari 2024. Festival film pendek ini terbagi ke dalam tiga kategori, yakni film pendek untuk peserta pelajar, film pendek untuk kategori umum, dan dokumenter.

Penjurian dilakukan oleh para profesional di bidang perfilman di antaranya Jajang C. Noer, Anandia Nurita, Jay Subiakto, Daniel H. Jacob, Rangga Wisesa, Kinanti Larasati, Mandy Marahimin, Ekky Imanjaya, dan Sutjitati Eka Tjandrasari.

Setelah melalui tahap penjurian terpilih lima pemenang dari kategori pelajar, lima pemenang kategori mahasiswa dan umum, serta dua pemenang kategori dokumenter yang diumumkan pada Awarding Night IMAC 2024.

Ketua Umum Iluni UI Didit Ratam menyampaikan apresiasi dan rasa syukur atas keberhasilan penyelenggaraan IMAC 2024.

“Festival film ini diinisiasi oleh Creative Industry Hub Center dan yang pertama dilaksanakan oleh Iluni UI," ungkap Didit Ratam.

"Alhamdulillah kegiatan ini berjalan lancar, tentunya berkat dukungan para partner dari berbagai instansi seperti Kemenparekraf, Kemendikbudristek, Produksi Film Negara, Disdik Provinsi Jakarta, Disbudpar Provinsi Jakarta, Disdik Jabar, Disdik Bandung, UPI Bandung, dan UMPRI Lampung. Tentunya juga berkat dukungan sponsor dan media partner,” papar Didit.

Baca juga: Link dan Cara Beli Tiket Film Konser Suga BTS D-Day

Lebih lanjut, Didit berharap IMAC 2024 akan terus berlanjut dan memberikan manfaat yang berasa dampaknya bagi industri perfilman.

“IMAC 2024 diikuti oleh kalangan pelajar SMA dan SMK dari berbagai daerah di Indonesia, juga mahasiswa dan umum. Kami harap, festival ini terus berlanjut sehingga menjadi pemantik talenta-talenta muda yang akan membawa kemajuan bagi perfilman Indonesia,” imbuhnya.

Pemutaran Film dan Talk Show

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com