Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dana KIP Kuliah 2024 Cair, 288.518 Mahasiswa Terima Bantuan

Kompas.com - 12/03/2024, 16:01 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dana bantuan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) untuk mahasiswa on going pada semester genap 2023/2024 sudah cair.

Melansir dari akun Instagram resmi @puslapdik_dikbud, dana tersebut disalurkan pada 288.518 mahasiswa dengan total anggaran Rp 2,5 miliar.

"Bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka On Going pada semester genap tahun 2023/2024 sudah cair," demikian yang tertulis di unggahan @puslapdik_dikbud dikutip Selasa (12/3/2024).

Baca juga: Beasiswa S2 dan S3 ke Abu Dhabi 2024, Kuliah Gratis dan Gapai Uang Saku

Jika ingin mencairkan dana KIP Kuliah, mahasiswa on going perlu masuk terlenih dahulu ke laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id kemudian logij menggunakan akun yang sudah dimiliki.

Setelah berhasil masuk, jangan lupa untuk melakukan konfirmasi penerimaan dana biaya hidup di SIM KIP Kuliah.

Percepatan pencairan bantuan KIP Kuliah

Sebelumnya, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memang melakukan percepatan pencairan dana bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah di tahun 2024.

Salah satu caranya dengan menjalin koordinasi antara Operator Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) dan operator KIP Kuliah.

"Koordinasi itu penting sekali karena terkait percepatan pencairan dana bantuan KIP Kuliah," kata Tim Teknis KIP Kuliah, Sony Hartono Wijaya, dikutip dari laman resmi Puslapdik, Senin (4/3/2024).

Baca juga: Beasiswa S2 Gratis ke Inggris 2024 Khusus Perempuan, Tanpa Batas Usia

Sony menjelaskan, mulai tahun 2023, penetapan dan pencairan untuk mahasiswa penerima bantuan KIP Kuliah baru bisa diproses apabila data mahasiswa tersebut sudah terdata di PDDikti.

Pemadanan tersebut, kata Sony, meliputi beberapa komponen, seperti status keaktifan mahasiswa, Kartu Rencana Studi (KRS), dan Aktivitas Perkuliahan Mahasiswa (AKM).

Bila pemadanan data sudah lengkap dan sudah dilakukan, maka bisa segera mengajukan pencairan KIP Kuliah. Kendati demikian, Sony berharap pengajuan pencairan bisa dilakukan secara bertahap, tidak harus menunggu data semua mahasiswa lengkap dan valid

"Ajukan pencairan untuk mahasiswa yang sudah terdata di PDDikti, sebab pencairan itu dilakukan bisa bertahap," ujarnya.

Sony meminta agar permohonan pencairan KIP Kuliah yakni biaya pendidikan dan bantuan biaya hidup, dan Bantuan Biaya Pendidikan dibedakan.

“Langkah terakhir, pantau pencairan secara berkala melalui SIM KIP Kuliah," ucap Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com