Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berdampak bagi Masyarakat, 4 Pelajar Indonesia Raih Penghargaan British Council

Kompas.com - 12/03/2024, 15:20 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - British Council memberikan penghargaan pada empat alumni kampus di Inggris dari Indonesia di ajang Study UK Alumni Awards pada Kamis (7/3/2024).

Penghargaan yang diberikan terkait Science and Sustainability, Culture and Creativity, Social Action, serta Business and Innovation.

"Karena kami (British Council) mengakui alumni Indonesia semakin memiliki kemampuan dan kapabilitas yang beragam untuk berkontribusi pada komunitas dan industri mereka," kata Country Director Indonesia and Southeast Asia Cluster Lead, British Council, Summer Xia di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Kamis malam.

Baca juga: Melalui SIDP, British Council Wujudkan Pelatihan Digital yang Inklusif

Xia mengatakan, pada tahun 2022, ada enam finalis untuk dua kategori penghargaan yakni Science and Sustainability dan Social Action.

Sementara tahun ini, bertambah dua kategori lagi yakni Business and Innovation dan Culture and Creativity dengan total sepuluh finalis yang luar biasa di empat kategori.

"Hal ini menunjukkan bagaimana alumni Indonesia dapat memanfaatkan studi dan pengalaman mereka di Inggris Raya untuk memberikan perubahan nyata di berbagai bidang," ujarnya.

Melalui Study UK Alumni Awards, tambah Xia, British Council bertujuan ikut merayakan pencapaian alumni Indonesia yang telah menempuh pendidikan di berbagai universitas dan tinggal di beberapa wilayah Inggris Raya.

Ia berharap seluruh alumni ini dapat menginspirasi lebih banyak pelajar Indonesia untuk mendapatkan manfaat pendidikan kelas dunia yang ditawarkan oleh pemerintah Inggris Raya.

Baca juga: Suka Duka Kuliah di Inggris, Tak Melulu Seindah Feeds Instagram

Xia menjelaskan, untuk mendapatkan penghargaan ini alumni harus mendaftarkan karyanya terlebih dahulu lalu hasilnya akan dinilai oleh para juri.

Juri tersebut antara lain, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati untuk kategori Science & Sustainability.

Kemudian Staf Khusus Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia bidang Produktivitas, Nilai Tambah Kekayaan Intelektual, dan Daya Saing, Joshua Puji Mulia Simandjuntak untuk kategori Culture and Creativity.

Selanjutnya, Ketua Dewan Eksekutif Koalisi Ekonomi Membumi, Gita Syahrani untuk kategori Social Action, Konsul Kehormatan Inggris Raya, Ivy Kamadjaja untuk kategori Business and Innovation.

Baca juga: Beasiswa S2 Gratis ke Inggris 2024 Khusus Perempuan, Tanpa Batas Usia

Berikut daftar alumni yang mendapat penghargaan:

1. Science and Sustainability Category: Wulan Koagouw

2. Culture and Creativity Category: Denny Rasyid Priyatna

3. Social Action Category: Tara Subba

4. Business and Innovation Category: Redita Aliyah Utomo

Penyerahan penghargaan ini bertujuan untuk terus meningkatkan minat pelajar asal Indonesia untuk menempuh pendidikan di Inggris Raya.

Serta komitmen berkelanjutan yang didukung oleh keseriusan pemerintah Inggris Raya dalam menyediakan platform yang dapat memperkenalkan alumni universitas di Inggris Raya ke panggung internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com