Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftaran "Golden Ticket" Unesa Diserbu Hampir Ribuan Peserta

Kompas.com - 07/03/2024, 19:48 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran golden ticket gelombang pertama Universitas Negeri Surabaya (Unesa) diserbu pejuang masuk perguruan tinggi.

Berdasarkan data yang masuk di Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa, total ada 911 peserta yang mendaftar jalur emas kampus 'Rumah Para Juara' tersebut.

Baca juga: Syarat Daftar KJMU Tahap I 2024, Mahasiswa Wajib Cek

"Golden ticket ini untuk memberikan kesempatan kepada putra dan putri daerah yang memiliki prestasi di tingkat nasional dan internasional. Jalur ini perdana di Unesa dan peminatnya luar biasa. Gelombang pertama hampir seribu pendaftar," ujar Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa, Dr. Sukarmin dalam keterangan resminya, Kamis (7/3/2024).

Dosen yang homebase di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) itu melanjutkan peserta yang sudah mendaftar pada gelombang pertama melewati proses seleksi administrasi oleh tim admisi bersama tim pakar Unesa pada 1-4 Maret 2024.

Berdasarkan hasil seleksi yang diumumkan pada Rabu, 6 Maret 2024, dari 911 pendaftar, terdapat sebanyak 417 peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

Mereka yang masuk seleksi bakal melalui tahapan seleksi wawancara yang akan dilaksanakan pekan depan, tepatnya pada 13-14 Maret 2024.

Sukarmin menyampaikan, bagi peserta yang sudah mendaftar dan belum berhasil agar tidak berhenti berusaha. Sebab, masih banyak jalan menjadi mahasiswa kampus 'Rumah Para Juara'.

Ada jalur seleksi berdasarkan tes atau SNBT dan ada jalur SPMB atau mandiri dengan berbagai tawaran sub-jalur di dalamnya.

Bagi peserta yang belum berkesempatan mendaftar jalur golden ticket pada gelombang pertama, bisa mendaftar di gelombang kedua yang sudah dibuka sejak 1-31 Maret 2024.

Baca juga: Syarat dan Cara Daftar Unesa Jalur Golden Ticket 2024

Sama dengan gelombang sebelumnya, pendaftar gelombang kedua ini juga akan melewati tahap seleksi administrasi dan wawancara.

Pendaftar bisa dilakukan pada link, https://forms.gle/SarrAn2vBdhMei8C6 dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Pendaftar merupakan siswa-siswi kelas XII pada tahun ajaran 2023/2024.

2. Memiliki sertifikat juara atau prestasi minimal tingkat nasional.

3. Berkomitmen dan bersedia mengembangkan prestasi yang dimiliki 'di bangku' kuliah.

Baca juga: 35.968 Siswa Pilih Unesa di SNBP 2024, Ini 10 Jurusan Favoritnya

Adapun tahapan pendaftarannya sebagai berikut:

  • Membuka laman https://forms.gle/SarrAn2vBdhMei8C6.
  • Mengisi data seperti nama, NISN dan sekolah.
  • Memilih prodi yang diminati.
  • Mengisi daftar prestasi dan mengupload sertifikat prestasi. Maksimal tiga prestasi terbaik minimal tingkat nasional.
  • Periksa kembali data yang diisi, setelah itu klik 'kirim'.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com