Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Kedokteran di AS Dapat Donasi, Semua Mahasiswa Kuliah Gratis

Kompas.com - 01/03/2024, 16:38 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekolah Kedokteran Albert Einstein College of Medicine yang berlokasi di Bronx, Amerika Serikat menggratiskan biaya kuliah untuk mahasiswanya.

Dikutip dari laman resminya, Presiden dan CEO Montefiore Einstein, organisasi payung dari Albert Einstein College of Medicine dan Montefiore Health System mengumumkan pihaknya telah menerima sumbangan sebesar USD 1 miliar.

Sumbangan itu diberikan oleh Ketua Dewan Pembina Einstein dan anggota dewan Montefiore Health System dari Ruth L. Gottesman.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UI Jalur SNBP, SNBT dan Mandiri

Donasi itu adalah terbesar yang diberikan kepada sekolah kedokteran mana pun di negara Amerika Serikat sehingga mahasiswanya tidak perlu lagi membayar biaya kuliah.

"Donasi ini akan membebaskan mahasiswa kami, memungkinkan mereka untuk mengejar proyek dan ide yang mungkin sebelumnya menjadi penghalang," kata Dekan Marilyn dan Stanley Katz di Albert Einstein College of Medicine Yaron Tomer dikutip dari laman resmi, Jumat (1/3/2024).

"Donasi ini secara radikal merevolusi kemampuan kami untuk terus menarik mahasiswa yang berkomitmen terhadap misi kami, bukan hanya mereka yang mampu," lanjut dia.

Tomer menjelaskan, donasi ini dimaksudkan untuk menarik individu berbakat dan beragam yang mungkin tidak memiliki sarana melanjutkan pendidikan kedokteran.

Menurut dia, hal ini akan memungkinkan generasi pemimpin perawatan kesehatan yang akan memajukan batas-batas penelitian dan perawatan, bebas dari beban hutang pinjaman yang memberatkan.

Baca juga: Kemendikbud: Biaya Kuliah di PTN-BH Harusnya Tidak Mahal

Melalui donasi ini, semua mahasiswa tahun keempat saat ini akan mendapatkan penggantian biaya kuliah semester musim semi 2024.

Kemudian Agustus 2024, semua mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikannya secara gratis di Albert Einstein College of Medicine.

Sosok Ruth L. Gottesman

Ruth L. Gottesman adalah istri dari pemodal di bursa saham Wall Street David S. Gottesman yang dulunya memang sudah sering memberikan donasi penelitian dan pendidikan inovatif di Einstein.

Sementara Ruth Gottesman diketahui memperoleh Sarjana di Barnard College serta Magister dan Doktor dari Teachers College, Columbia University.

Ia juga merupakan Profesor Klinis Emerita Pediatri atau kedokteran perkembangan di Einstein. Selama 55 tahun bergabung dengan College of Medicine, dedikasi dan visi filantropis Gottesman telah membantu menjadikan Einstein sebagai institusi seperti saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com