Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Syarat dan Cara Daftar Jalur Mandiri Undip

Kompas.com - 20/02/2024, 16:16 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang ingin kuliah di perguruan tinggi negeri, bisa mencari tahu soal jalur mandiri 2024 yang biasa dibuka masing-masing kampus.

Jalur mandiri 2024 biasanya dibuka paling akhir setelah pelaksanaan SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) maupun SNBT 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Undip (Universitas Diponegoro), kampus ini juga membuka jalur mandiri 2024 dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 350.000.

Dilansir dari laman resmi penerimaan mahasiswa baru Undip, Selasa (20/2/2024) jalur mandiri Undip atau biasa disebut Ujian Mandiri (UM) Program Sarjana Undip merupakan seleksi secara mandiri yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro melalui metode penilaian tes tertulis dan makalah wawasan kebangsaan.

Baca juga: Cek Syarat Daftar Jalur Mandiri UPN Jogja, Pakai Nilai UTBK

Jalur mandiri Undip

Mengacu pada syarat tahun 2023, berikut persyaratan umum dan khusus yang perlu diketahui calon mahasiswa yang ingin mendaftar jalur mandiri Undip.

Persyaratan Umum

  • Siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (paket C) tahun 2021, 2022 dan siswa yang lulus tahun 2023
  • Usia pendaftar paling tinggi 22 tahun pada saat mendaftar.

Persyaratan Khusus

  • Lulus tes membedakan warna sesuai dengan tuntutan keilmuan, untuk program studi Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Gizi, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Peternakan, Teknologi Pangan, Agroekoteknologi, Agribisnis, Fisika, Informatika, Bioteknologi, Manajemen Sumberdaya Perairan, Akuakultur, Perikanan Tangkap, Ilmu Kelautan, Oseanografi, Teknologi Hasil Perikanan, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Perencanaan Wilayah dan Kota, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Geologi, Teknik Geodesi yang akan dibuktikan dengan tes Kesehatan.
  • Lulus ujian Psikometri, untuk program studi Kedokteran, Keperawatan, Farmasi dan Kedokteran Gigi yang akan dilakukan pada saat Registrasi Online calon mahasiswa baru
  • Calon mahasiswa baru yang tidak memenuhi persyaratan umum dan/atau khusus dinyatakan gugur.


Baca juga: Kapan Pengumuman PPDB SMA Pradita Dirgantara 2024? Cek Biaya Sekolahnya

Berikut cara daftar jalur mandiri Undip yang perlu diketahui calon mahasiswa:

  • Membaca dan memahami persyaratan peserta untuk mendaftar program studi yang dituju.
  • Membuat user pada website pendaftaran menggunakan email
  • Mengisi data diri, data orangtua, dan data pendidikan.
  • Memilih jalur pilihan UM Sarjana, dan mengisi data sesuai dengan form isian. Pastikan pilihan Anda sudah benar sebelum menyimpan. Setelah menyimpan akan mendapat Nomor Billkey untuk biaya pendaftaran.
  • Membayar biaya pendaftaran pada bank yang ditunjuk (Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank Jateng, dan Bank BSI)
  • Setelah Pembayaran Peserta bisa login kembali ke Akun Pendaftaran klik “Lihat Data”
  • Melakukan refresh browser untuk melakukan pengecekan status bayar.
  • Mengisikan makalah Wawasan Kebangsaan.
  • Melakukan Upload Berkas (dalam format .pdf).
  • Apabila status bayar telah berubah segera lakukan Klik “Cetak Kartu Peserta”. Pastikan data kartu ujian sudah sesuai dan telah tertera jadwal ujian. Peserta yang berhak mengikuti ujian adalah peserta yang telah melakukan cetak kartu peserta
  • Mengikuti ujian sesuai jadwal dan ketentuan yang tertera pada kartu peserta.
  • Perlu diketahui calon mahasiswa, ketidaklengkapan dalam tata cara pendaftaran menyebabkan pendaftaran tidak diproses.

Calon mahasiswa yang akan mendaftar jalur mandiri Undip akan mengikuti ujian. Materi Ujian UM setara dengan Materi UTBK-SNBT, meliputi :

  • Tes Potensi Skolastik yang terdiri dari Kemampuan Penalaran Umum; Pengetahuan dan Pemahaman Umum; Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis; Pengetahuan Kuantitatif .
  • Tes Literasi yang terdiri dari Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; Penalaran Matematika.

Baca juga: UNS Buka 7 Jalur Mandiri 2024, Ada yang Pakai Nilai UTBK

Demikian informasi mengenai syarat dan cara daftar jalur mandiri Undip. Hingga saat ini, pihak Undip memang belum mengumumkan jadwal pendaftaran jalur mandiri Undip 2024.

Namun calon mahasiswa bisa terus memantau terkait pendaftaran jalur mandiri Undip di laman pmb.undip.ac.id/sarjana/jalur-um-sarjana/

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com