Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 10 Jurusan Paling Disesali Lulusannya

Kompas.com - 20/02/2024, 07:53 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang masih galau mau pilih jurusan kuliah apa, perlu tahu bahwa ada beberapa jurusan paling disesali lulusannya.

Jurusan paling disesali lulusannya ini berdasarkan hasil survei ZipRecruiter tahun lalu.

Sebelum tahu jurusan apa saja yang paling disesali lulusannya, sebagai calon mahasiswa kamu perlu mencari beberapa informasi sebelum memilih suatu jurusan kuliah. Misalnya prospek kerja jurusan kuliah yang akan kamu pilih.

Tidak hanya soal prospek kerja jurusan, agar makin mantap memilih jurusan tersebut, kamu juga bisa mencari informasi soal mata kuliah atau mempelajari apa saja selama kuliah.

Baca juga: Apakah Uang KIP Kuliah Boleh untuk Beli Laptop? Ini Penjelasannya

Jurusan paling disesali lulusannya

Namun satu hal yang paling penting dalam memilih jurusan kuliah adalah mempertimbangkan bakat dan minatmu sendiri.

Dilansir dari Kompas.com, jurusan ini paling disesali lulusannya dari survei ZipRecruiter ini karena faktor gaji yang diterima saat lulusan jurusan tersebut sudah bekerja.

Jurusan paling disesali lulusannya ini merupakan hasil survei dari ZipRecruiter terhadap 1.500 lulusan perguruan tinggi yang sedang mencari kerja.

Survei tersebut menunjukan jurusan yang paling banyak disesali lulusannya adalah Jurnalisme, Sosiologi, Komunikasi dan Pendidikan.

Sebanyak 44 persen dari semua pencari kerja saat ini dengan gelar sarjana menyesali pilihan utama perguruan tinggi mereka.

Baca juga: Cek Syarat Daftar Jalur Mandiri UPN Jogja, Pakai Nilai UTBK

Menurut survei ZipRecruiter, lulusan paling bahagia adalah mereka yang mengambil Jurusan Ilmu Komputer dan Informasi, dan mereka yang mengambil Jurusan Kriminologi.

Pada kedua kelompok, 72 persen akan memilih jurusan yang sama lagi jika mereka harus melakukannya lagi.

Jurusan lain yang cenderung disesali oleh lulusan adalah bidang kuantitatif. Seperti Jurusan Teknik, Perawatan Kesehatan, Bisnis, dan Keuangan. Berikut 10 jurusan paling disesali lulusannya.

1. Jurnalisme (87 persen).

2. Sosiologi (72 persen).

3. Seni (72 persen).

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com