Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurusan Kuliah yang Disesali oleh Lulusannya, Ada Jurusanmu?

Kompas.com - 21/12/2022, 09:45 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memilih jurusan kuliah merupakan salah satu hal penting bagi calon mahasiswa karena harus mempertimbangkan berbagai aspek, sehingga ilmu yang diperoleh selama di bangku kuliah tidak menjadi sia-sia.

Beberapa sumber menyebutkan ketika memilih jurusan, calon mahasiswa harus memahami sekaligus mempersiapkan karirnya di masa depan. Jurusan kuliah erat hubungannya dengan prospek kerja yang akan dijalani nantinya.

Dengan mengetahui peluang kerja di masa depan, kamu akan terbantu memilih jurusan kuliah, sehingga kamu dapat meniti karir masa depan yang cerah dan lebih mudah mencari pekerjaan yang relevan dengan kebutuhan lowongan pekerjaan tersebut.

Baca juga: 31 Jurusan D4, S1, S2 yang Paling Dibutuhkan untuk Masuk Polri

Banyak orang yang belajar hingga ke perguruan tinggi, tetapi setelah lulus sebagian dari mereka menyesali pilihan jurusan tersebut ketika terjun ke dunia kerja.

10 jurusan paling disesali lulusannya

Melansir dari laman www.ziprecruiter.com, Selasa (29/11/2022), survei ini dilakukan terhadap 1.500 lulusan perguruan tinggi yang sedang mencari kerja.

ZipRecruiter adalah pasar kerja di Amerika Serikat untuk pencari kerja dan pemberi kerja. Perusahaan ini berkantor pusat di Santa Monica, California.

Survei ZipRecruiter dilakukan untuk mengetahui perasaan para lulusan perguruan tinggi yang sedang mencari kerja terhadap jurusan pilihan mereka.

Hasil survei menunjukkan ada sepuluh jurusan yang paling banyak disesali ketika mereka terjun ke dunia kerja.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

Hasil survei dari Ziprecruiter dituliskan jurusan yang paling disesali oleh lulusannya yakni jurnalisme, diikuti dengan jurusan sosiologi, dan seni liberal. Berikut daftar lengkapnya:

1. Jurnalisme (87 persen)

2. Sosiologi (72 persen)

3. Seni (72 persen)

4. Komunikasi (64 persen)

5. Pendidikan (61 persen)

6. Manajemen Marketing dan Riset (60 persen)

7. Pendamping Medis (56 persen)

8. Ilmu Politik dan Pemerintahan (56 persen)

9. Biologi (52 persen)

10. Sastra Inggris (52 persen)

Baca juga: Lulusan Cepat Dapat Kerja, 8 Kampus Terbaik Indonesia Versi QS 2022

Survei ZipRecruiter juga menyebutkan sebanyak 44 persen dari semua pencari kerja saat ini dengan gelar sarjana menyesali pilihan utama perguruan tinggi mereka.
 
Lulusan yang paling bahagia yakni mereka yang mengambil jurusan ilmu komputer dan informasi, dan mereka yang mengambil jurusan kriminologi.
 
Namun, survei ini dilakukan di pasar kerja AS. Hasil mungkin bisa berbeda untuk negara lainnya, termasuk Indonesia. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com