Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 5 Prodi Unpad Kampus Pangandaran dan Keunggulannya

Kompas.com - 20/02/2024, 06:51 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Unpad (Universitas Padjadjaran) termasuk perguruan tinggi negeri yang punya Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) tepatnya berada di Pangandaran, Jawa Barat.

Prodi Unpad Kampus Pangandaran ini memang tak selengkap di kampus utama. Namun ada sejumlah program studi (prodi) Unpad Kampus Pangandaran yang bisa dipilih calon mahasiswa di jalur SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) maupun SNBT 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes).

Unpad Kampus Pangandaran punya lima prodi yang bisa dipilih calon mahasiswa. Prodi di Kampus Pangandaran Unpad antara lain:

  • Administrasi Bisnis
  • Peternakan
  • Ilmu Komunikasi
  • Keperawatan
  • Perikanan Laut Tropis

Baca juga: Kuota Bertambah, Unpad Bakal Terima 2.346 Maba Jalur SNBP 2024

Keunggulan prodi di Unpad Kampus Pangandaran

Kaprodi prodi Administrasi Bisnis Kampus Pangandaran Unpad Dr. Iwan Sukoco menerangkan, prodi Administrasi Bisnis Unpad Kampus Pangandaran dapat menjadi pilihan bagi calon mahasiswa baru yang memiliki minat dan passion di bidang bisnis.

Menurut Iwan, prodi yang diketuainya memiliki kekhasan, yaitu mengembangkan fokus di bidang kepariwisataan.

Ini didasarkan potensi wilayah Pangandaran memiliki potensi kepariwisataan yang baik untuk dikembangkan.

Untuk mencapai kekhasan tersebut, Prodi Administrasi Bisnis Kampus Pangandaran salah satunya memiliki kurikulum berupa outcome based education.

"Nanti bagi yang berminat di bidang bisnis akan diarahkan pada kompetensi yang tepat sasaran," jelas Iwan seperti dikutip dari laman Unpad, Selasa (19/2/2024).

Melalui kurikulum ini, mahasiswa lebih banyak berkegiatan praktik di lapangan. Dimulai dari pengenalan pendidikan kewirausahaan, hingga terjun langsung mengelola bisnis start up dan bisnis scale up.

Iwan menekankan, dengan dukungan dosen bergelar S3 dan guru besar, banyak mahasiswa yang bahkan sebelum lulus sudah memiliki start up dan mampu mengembangkan usaha yang telah dirintisnya.

Baca juga: Apakah Uang KIP Kuliah Boleh untuk Beli Laptop? Ini Penjelasannya

Selain itu, bentuk tugas akhir yang dilakukan mahasiswa juga bisa seputar proyek bisnis yang sudah dilakukan.

"Pengembangan prestasi mahasiswa, baik akademik dan nonakademik, dikembangkan ke arah bisnis," terang Iwan.

Kaprodi Peternakan Kampus Pangandaran Unpad Dr, Ir. Hendi Setiyawan, M.Si. Hendi menjelaskan, belajar peternakan di Unpad Kampus Pangandaran tidak hanya bergelut dengan mengurus hewan ternak.

Mahasiswa di Prodi Peternakan juga bisa mampu menjangkau komunitas global melalui peternakan.

"Kami terus ikuti perkembangan zaman, industri, dan teknologi di bidang peternakan. Sehingga dunia peternakan bisa lebih maju," jelas Hendi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com