Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuota Bertambah, Unpad Bakal Terima 2.346 Maba Jalur SNBP 2024

Kompas.com - 15/02/2024, 13:36 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 yang dinyatakan eligible sudah bisa mendaftar SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) sejak Rabu, 14 Februari 2024 kemarin.

Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam SNBP 2024 akan menerima 2.346 calon mahasiswa baru untuk prodi Sarjana reguler dan Sarjana Terapan.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita mengatakan, kuota SNBP 2024 di Unpad meningkat sebesar 12,52 persen.

Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi calon-calon mahasiswa baru yang masuk dalam kriteria program keberpihakan Unpad.

"Kami memang tambah karena kami akan memberikan perhatian-perhatian khusus pada kalangan calon mahasiswa yang selama ini kurang mendapat perhatian di Unpad," terang Prof. Arief S. Kartasasmita seperti dikutip dari laman Unpad, Kamis (15/2/2024).

Baca juga: Cek Daya Tampung Politeknik Negeri Jakarta di SNBP 2024

Unpad terima 7.460 mahasiswa baru di semua jalur

Prof. Arief S. Kartasasmita memberi contoh kalangan difabel atau dari golongan masyarakat yang belum memiliki anggota keluarga yang pernah kuliah termasuk dalam kalangan calon mahasiswa yang selama ini kurang mendapat perhatian.

Adapun total daya tampung keseluruhan Unpad pada SNPMB 2024 ialah 7.460 mahasiswa baru di tahun akademik 2024/2025 ini.

Total persentase daya tampung Unpad pada SNBP adalah sebesar 32,64 persen, selanjutnya SNBT 32,52 persen dan Jalur Mandiri 34,82 persen.

"Jadi sebetulnya rata-rata berimbang antara SNBP, SNBT, dan Mandiri. Ini juga sekaligus menjawab persepsi masyarakat bahwa Unpad ini mendulukan Mandiri," imbuhnya.

Selain itu, ada perbedaan lain dalam mekanisme sistem SNPMB 2024.

Prof. Arief menjelaskan, sistem seleksi dan informasi kelulusan di SNPMB terintegrasi dengan sistem registrasi pada proses penerimaan mahasiswa baru Unpad.

Lewat sistem ini, calon mahasiswa yang sudah dinyatakan diterima di SNBP maka tidak bisa mendaftar di Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) serta Jalur Mandiri Unpad.

Apabila lolos SNBP tapi tidak diambil, maka dia seperti ‘di-blacklist’. Baik oleh pemerintah maupun Unpad.

Baca juga: Cara Daftar SNBP 2024, Siswa Eligible Simak Tahapannya

SNBP 2024 bukan seleksi "coba-coba"

Aturan ini diterapkan untuk membatasi mereka yang tidak mengambil kuota di SNBP walaupun sudah dinyatakan diterima.

"Jadi sudah diterima, tidak diambil. Akan tetapi orang lain yang sebetulnya ingin bersekolah di Unpad dan secara prestasi baik, jadi tidak bisa masuk," ujarnya.

Dia menegaskan, SNBP bukan lagi seleksi "coba-coba". Saat proses mendaftar SNBP, peserta perlu memilih dengan baik program studi yang dituju.

"Jadi, kami memberikan warning dari awal, kalau memang tidak minat, tidak usah ikut," tandas Prof. Arief.

Pada tahun ini, ada 72 program studi yang dibuka di SNBP. Jumlah tersebut terdiri dari 58 prodi Sarjana reguler dan 14 prodi Sarjana Terapan (Vokasi).

Baca juga: Cara Buat Akun KIP Kuliah 2024, Pendaftaran Segera Dibuka

 

Pendaftaran SNBP 2024 sendiri ditutup hingga 28 Februari 2024 mendatang. Sehingga siswa eligible yang belum mendaftar SNBP 2024 bisa segera melakukan pendaftaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com