Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Founder Polki Indonesia Terapkan Ilmu dari JCU Singapore untuk Raih Impian Jadi Wirausaha

Kompas.com - 18/02/2024, 08:20 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki jalan berbeda dalam meraih kesuksesan. Begitu juga Elvina Goey, salah satu alumnus James Cook University (JCU), Singapore yang kini sukses sebagai founder Polki Indonesia, perusahaan yang memproduksi cairan pembersih kerak dan noda di peralatan rumah tangga.

Namun, siapa sangka pencapaian yang diraihnya itu berawal dari keinginan dia untuk membersihkan kamar mandi.

“Waktu itu pandemi Covid-19 pada 2020, kebetulan aku kan work from home (WFH). Karena kebanyakan di rumah, aku ingin rumah ini tuh nyaman. Salah satu concern aku waktu kamar mandi. Aku waktu itu mau membersihkan kamar mandi dan memakai salah satu produk kompetitor,” ucap Vina. 

Saat itu, Elvina bekerja di PT Cahaya Poles Mulia. Tim Research and Development (R&D) perusahaan yang mengetahui ia memakai produk tersebut menyarankan untuk tidak menggunakannya lagi.

Baca juga: 4 Cara Merawat Jaket Kulit agar Tidak Retak dan Mengelupas

Hal ini karena mengandung chemical berbahaya untuk kulit dan menimbulkan bau menyengat sehingga tidak boleh dihirup serta harus segera dipakai. Terlebih, kondisinya saat itu tengah hamil.

Sebagai alternatif, ia akhirnya menerima kiriman formula pembersih dari perusahaannya yang dianggap lebih aman untuk membersihkan rumahnya.

“Oh ya sudah aku pakai (produknya), terus memang aku waktu itu iseng nge-story di Instagram. Terus temen-temen itu pada nanyain, 'lho kamu pakai apa itu, kok bisa bersih?' Dari situ, aku kirim ke teman-teman yang penasaran, waktu itu dikirim ke 40 orang. Setelah dicoba, ternyata mereka tuh juga cocok. Dan itu awal di mana mereka men-support aku untuk menjual produk tersebut,” ucap Vina.

Meski demikian, Vina tidak pernah terpikirkan untuk menciptakan sebuah merek dari produk pembersih yang digunakan di rumahnya. Apalagi penjualanya baru dari mulut ke mulut dan yang menjadi konsumen adalah saudara serta teman terdekatnya.

Baca juga: Survei Bank Indonesia: Keyakinan Konsumen Terhadap Ekonomi RI Menguat

Semua itu berubah, sejak Vina mempromosikan Polki melalui salah satu influencer di TikTok. Berkat ini, produknya terjual ludes hanya dalam waktu semalam saja.

Menyadari potensi Polki, ia berkomitmen untuk menjaga kepercayaan konsumennya dengan selalu meminta feedback dari mereka, baik mengenai keunggulan maupun kendala saat menggunakan produknya.

“Sudah berumur hampir empat tahun Polki ada dan sudah memproduksi tiga produk yang semuanya berdasarkan kebutuhan dari customer kami,” imbuhnya.

Tidak hanya kepercayaan dari konsumen, kerja keras Vina selama tiga tahun terakhir mendapat penghargaan. Polki berhasil meraih Brand Choice Award 2023. 

Baca juga: Abah Jajang, Pemilik Rumah Surga di Cianjur Dapat Penghargaan Tokoh Lingkungan

Didukung pendidikan yang kuat

Apa yang diraih Vina tersebut tak lepas dari bekal pendidikan yang didapatnya. Wanita yang hobi bernyanyi ini merupakan lulusan Bachelor of Business dengan double major International Business and Entrepreneurship dari James Cook University (JCU), Singapore 

“Memang dari dulu sebetulnya aku sudah memiliki keinginan dari sekolah menengah atas (SMA) untuk menjadi entrepreneur di usia muda. Tetapi dulu masih bingung mau memulai usaha apa dan apa saja yang harus dipersiapkan. Akhirnya, aku memutuskan untuk ambil jurusan International Business and Entrepreneurship,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (5/2/2024).

Vina berharap jurusan tersebut dapat memberikan pengetahuan yang lebih rinci dalam mengembangkan bisnis dan segala persiapannya. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com