Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar: "Student Loan" Bisa Jadi Solusi Cegah Mahasiswa Terjerat Pinjol

Kompas.com - 01/02/2024, 14:21 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah berencana mengadakan skema student loan atau pinjaman dana untuk biaya pendidikan mahasiswa.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, saat ini pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tengah mengkaji skema pemberian pinjaman untuk pendidikan mahasiswa atau biasa disebut student loan.

Wacana itu disiapkan menyusul tingginya kebutuhan pembiayaan pendidikan bagi mahasiswa, sebagaimana ditunjukan oleh adanya fenomena pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) menggunakan pinjol.

Baca juga: Meski Tuai Polemik, ITB Tetap Kerja Sama dengan Pinjol Danacita

"Terkait dengan adanya mahasiswa yang membutuhkan bantuan pinjaman, kita sekarang sebetulnya sedang membahas dalam dewan pengawas LPDP, meminta LPDP untuk kemungkinan mengembangakan yang disebut student loan," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers KSSK, di Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Pada skema student loan, mahasiswa diperkenankan untuk kuliah secara gratis, namun harus membayar biaya kuliah ketika sudah bekerja.

Menurut ahli perencanaan keuangan Safir Senduk, skema student loan sangat bagus untuk membantu mahasiswa membayar kuliah tanpa harus terjerat pinjaman online (Pinjol).

Mengingat, saat ini kata Safir, ada mahasiswa yang memanfaatkan platform pinjol untuk membayar biaya kuliah mereka.

"Sepanjang ada fasilitas pinjaman dari negara, maka ini bagus banget, karena ini bisa mengcounter pinjaman legal yang bunganya tinggi. Dan yang menuntut pengembalian sangat-sangat besar," kata Safir kepada Kompas.com, Kamis (1/2/2024).

Baca juga: Masalah Pinjol, ITB: Bermula dari Banyaknya Mahasiswa yang Nunggak UKT

Terkait adanya kampus yang bekerja sama dengan platform pinjol, kata Safir harus dilihat kembali bagaimana mekanisme dan besaran bunga yang diberikan para platform pinjol.

Apabila tidak memberatkan, Safir setuju ada kerja sama antara kampus dan platform pinjol sambil menunggu keberadaan student loan.

"Tapi kalau tidak ada program student loan dari negara maka, kerja sama dengan pinjaman online itu adalah pilihan terbaik dari banyak pilihan jelek. Karena student mau pinjem ke bank mana dikasih sama bank," jelas Safir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com