Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2.072 Casis Ikuti Seleksi Daerah di PPDB SMA Pradita Dirgantara 2024

Kompas.com - 01/02/2024, 09:46 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 2.072 calon siswa (casis) yang telah lolos seleksi administrasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA Pradita Dirgantara 2024/2025 akan mengikuti seleksi daerah di tiap-tiap lanud seluruh Indonesia.

Seleksi Daerah calon siswa SMA Pradita Dirgantara ini akan dilaksanakan pada, Sabtu (3/2/2024) mendatang.

Sebanyak 2.072 casis ini lolos seleksi administrasi setelah mendaftar dan melengkapi berkas sejak 18 Desember 2023 sampai 26 Januari 2024 melalui laman resmi PPDB SMA Pradita Dirgantara.

Pada PPDB SMA Pradita Dirgantara 2024/2025 kali ini, jumlah pendaftar mencapai 4.792 pendaftar.

Baca juga: Pendaftaran SMA Pradita Dirgantara 2024, Cek Syarat dan Biaya

Jumlah pendaftar PPDB SMA Pradita Dirgantara meningkat

Angka ini meningkat pesat dibandingkan pada pelaksanaan PPDB 2023 lalu yang mencapai 3.306 pendaftar.

Kepala Humas SMA Pradita Dirgantara Nanang Sari Atmanto mengatakan, sebanyak 2.072 casis ini belum termasuk casis yang lolos melalui kategori jalur prestasi.

"Masih ada 23 casis yang juga lolos melalui jalur OSN, OPSI, dan olimpiade sains internasional. Jadi, total terdapat 2.095 casis lolos seleksi administrasi," terang Nanang dalam keterangan persnya kepada Kompas.com, Kamis (1/2/2024).

Jalur prestasi merupakan kategori khusus bagi casis yang memiliki prestasi medali tingkat nasional.

Seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbud RI.

Baca juga: H-1 Pendaftaran, Ini Nilai Minimal Masuk Akmil 2024

Tahun ini SMA Pradita Dirgantara juga membuka jalur prestasi olimpiade internasional. Casis yang lolos jalur ini mendapatkan karpet merah, yakni auto-lolos ke seleksi pusat tanpa mengikuti seleksi daerah.

Selanjutnya, 2.072 casis SMA Pradita Dirgantara ini akan mengikuti berbagai rangkaian seleksi daerah. Mulai dari tes akademik, tes kesehatan, tes psikologi, dan speaking test.

Khusus tes akademik, casis akan mengerjakan soal-soal IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris dengan standar olimpiade sains nasional.

Tes akademik ini juga menggunakan sistem gugur. Yakni siswa yang tidak memenuhi standar passing grade tidak bisa mengikuti tahapan tes berikutnya.

Bagi casis yang lolos, selanjutnya akan mengikuti speaking test berbahasa Inggris dengan jadwal yang telah ditentukan oleh lanud masing-masing.

Pada PPDB 2024/2025 ini SMA Pradita Dirgantara membuka kuota maksimal 150 siswa.

Baca juga: Pendaftaran Akmil 2024 Dibuka Besok, Lulus Berpangkat Letda

Kuota 150 ini tetap memperhatikan standar minimal passing grade SMA Pradita Dirgantara. Panitia PPDB hanya akan mengambil casis yang memenuhi standar passing grade, meskipun tidak memenuhi kuota 150.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com