Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16.000 Mahasiswa Akan Ikuti PMM Keempat 2024

Kompas.com - 25/01/2024, 09:52 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 16.000 mahasiswa akan mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan keempat tahun 2024 atau PMM 4.

Mereka akan tersebar di 128 perguruan tinggi penerima pelaksana di seluruh Indonesia untuk mengalami langsung perkuliahan sekaligus praktik-praktik kebinekaan masyarakat melalui modul-modul nusantara.

Baca juga: Mahasiswa dari 38 Kampus Ini Bisa Ikut Beasiswa Pertamina, Ayo Daftar

Sebagai rangkaian tahap awal, ke-128 perguruan tinggi penerima pelaksana telah melakukan penandatangan perjanjian kerja sama yang dilakukan di Plaza Insan Berprestasi, Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), pada Kamis (18/1/2024).

Prosesi penandatangan dilakukan secara simbolis oleh perwakilan dari Politeknik Negeri Malang dan Universitas Padjadjaran.

Kepala Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dan Kampus Mengajar, Asri Aldila Putri mengatakan, minat perguruan tinggi untuk terlibat dalam program PMM terus meningkat setiap tahunnya.

Untuk tahun 2024 ini, setidaknya terdapat 210 perguruan tinggi yang menjadi perguruan tinggi Penerima dalam program tersebut.

"Dari 210 ini kemudian terpilih 128 perguruan tinggi yang hari ini melakukan penandatangan perjanjian kerja sama," ucap dia dilansir dari laman Vokasi Kemdikbud, Kamis (25/1/2024).

Ke-128 perguruan tinggi pelaksana tersebar di 29 dari 38 provinsi di Indonesia di enam kluster pulau, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua.

Baca juga: Ini 167 Kampus Tujuan IISMA 2024 buat Mahasiswa Vokasi dan S1

Dengan demikian distribusi mahasiswa di pada enam klaster pulau di Indonesia sudah terpenuhi secara merata.

Sementara itu, para mahasiswa peserta PMM 4 berasal dari 34 provinsi di Indonesia, di mana klaster terbanyak berasal dari klaster Pulau Sumatra 40,8 persen atau 6.628 mahasiswa.

"Sementara untuk asal mahasiswa PMM 4 paling banyak berasal dari Provinsi Sumatra Utara 13,59% atau 2.208 mahasiswa," tutup Asri.

Asal tahu saja, program PMM 2024 menginjak tahun empat adalah program pertukaran mahasiswa dalam negeri untuk saling mendapat pengalaman belajar di sejumlah daerah yang digagas Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Untad Buka Kuota 9.293 Mahasiswa pada Tahun Ajaran 2024

Peserta PMM, baik mahasiswa dari program akademik maupun vokasi, nantinya diperbolehkan kuliah lintas program studi. Mahasiswa juga akan merasakan langsung keberagaman budaya nusantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com