Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengukuhan Pengurus, Rektor UNJ Ingatkan DWP Memiliki Peran Penting dan Strategis

Kompas.com - 17/01/2024, 19:25 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta melalui Dharma Wanita Persatuan UNJ (DWP UNJ) menggelar Pengukuhan Pengurus DWP UNJ Masa Bakti 2023-2027 serta kegiatan Sosialisasi AD/ART pada 17 Januari 2024 di Kampus A UNJ, Jakarta.

Rektor dan Pembina DWP UNJ, Prof. Komarudin melalui rilis resmi (17/1/2024) menegaskan DWP UNJ memiliki peran penting dan strategis.

"DWP UNJ merupakan bagian dari unsur nonstruktural yang di dalam tugas dan fungsinya sangat mendukung kerja para suami yang ada di UNJ. Diharapkan ke depan DWP UNJ bisa mandiri, mempunyai usaha agar bisa mensejahterakan anggotanya," jelas Prof. Komarudin.

Rektor UNJ juga menegaskan, DWP UNJ selain memiliki peran menjadi pengarah para suami dalam melaksanakan tugas institusi, juga mempunyai peran kuat menjalankan program-program yang memberikan manfaat bagi anggota.

"Pengurus DWP harus kuat demi menjalankan ketiga peran tersebut, terima kasih untuk pengurus DWP UNJ yang mau bergabung dan dikukuhkan hari ini," ucap Prof. Komarudin.

Pengesahan Pengurus DWP UNJ Masa Bakti 2023-2027 diperkuat berdasarkan Surat Keputusan Ketua DWP Kemendikbudristek Nomor 001 Tahun 2024.

Ketua Dharma Wanita UNJ Masa Bakti 2023-2027, Linda Zakiyah Komarudin dalam kesempatan tersebut memaparkan, DWP UNJ visi sebagai istri ASN profesional untuk memperkuat peran serta perempuan dalam pembangunan keluarga dan nasional.

Adapun misi yang ingin diwujudkan antara lain: SDM DWP berkompeten dan berdaya saing global, mewujudkan kesejahteraan anggota keluarga dan masyarakat bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya.

Selain itu DWP UNJ juga mengemban misi memantapkan kolaborasi multipihak dalam melaksanakan program kerja DWP dan mengembangkan sistem informasi manajemen.

DWP UNJ memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan anggota untuk menjadi center of excellence, membuat dokumentasi berbagai kegiatan DWP UNJ, membangun pusat data yang dapat dijadikan aset dharma wanita dalam masa yang akan datang.

Lebih jauh Linda Zakiah Komarudin memaparkan program kerja DWP UNJ, antara lain: meningkatkan kesadaran cinta tanah air, pembinaan organisasi, ⁠mengaktifkan website dan media sosial, pemberdayaan ekonomi produktif dan kreatif, meningkatan keterampilan literasi digital, serta ⁠peningkatan kesehatan perempuan.

“Oleh karena itu, kami dari DWP UNJ akan terus berkomitmen dan bersinergi untuk menyukseskan program-program kerja yang telah kami rencanakan,” jelas Linda.

Dalam kesempatan sama, Perwakilan Ketua DWP Diktiristek, Tiara Siti Aminah Faiz Syuaib  berharap kerja sama antara pengurus dapat terjalin dengan baik begitu juga dengan mitra DWP UNJ. 

Dia juga berharap, program kerja DWP Sahabat Kampus yang telah dilaksanakan selama satu tahun ini dapat diteruskan sejalan dengan program kerja DWP. 

Hal senada disampaikan Ketua DWP Kemendikbudristek, Teti Herawati Aminudin Aziz. "Dengan dikukuhkan menjadi pengurus DWP yang sudah legal, artinya harus bertanggung jawab penuh terhadap program-program yang sudah dirancang sesuai dengan visi dan misi DWP," pesannya.

Baca juga: Penasihat DWP Kalteng Harap Perempuan Berkontribusi bagi Pembangunan Berkelanjutan

 

Setelah pengukuhan, acara dilanjutkan dengan Sosialisasi AD/ART DWP Kemendikbudristek yang dimoderatori Riri Huriyati Matin (Pengurus DWP UNJ) dengan narasumber Teti Herawati Aminudin Aziz selaku Ketua DWP Kemendikbudristek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com