Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Krisanti
Guru

Learning facilitator since 2000

12 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Kompas.com - 16/01/2024, 14:18 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

BULAN Januari-Februari merupakan waktu krusial untuk pelajar SMA seluruh Indonesia menentukan pilihan studinya ke perguruan tinggi.

Memilih jurusan bisa menjadi keputusan yang sulit. Mungkin Anda tertarik pada beberapa bidang yang berbeda dan tidak dapat menentukan arah.

Mungkin Anda berpikir tidak memiliki apa yang diperlukan untuk sukses di bidang tertentu (meskipun Anda mungkin memilikinya).

Mungkin Anda tidak tahu jurusan mana yang harus Anda pilih saat melangkah ke perguruan tinggi dan menemukan ratusan pilihan gelar yang tersedia untuk dipelajari.

Memilih jurusan kuliah adalah keputusan penting yang dapat memengaruhi karier dan masa depan Anda.

Berikut adala tips untuk membantu Anda dalam proses pemilihan jurusan kuliah:

Pertama, pahami minat dan bakat Anda. Identifikasi minat dan bakat Anda. Pertimbangkan apa yang membuat Anda antusias dan memiliki keterampilan alami di bidang tertentu.

Saat ini sudah banyak tes minat bakat yang bisa diakses secara online dan gratis. Jika memungkinkan, bisa mendatangi lembaga tes minat bakat berbayar dan akan dipandu oleh psikolog untuk mendapatkan sesi konsultasi lebih intens.

Kedua, kenali kemampuan dan kelemahan Anda. Pertimbangkan apakah Anda lebih suka bekerja dengan angka, berbicara di depan umum, atau bekerja dengan teknologi.

Ketiga, pelajari keberhasilan pekerjaan di masa depan. Cari tahu tentang tren pekerjaan di masa depan. Pilih jurusan yang memiliki peluang kerja lebih baik dan akan relevan dalam jangka panjang.

Keempat, lakukan penelitian mendalam. Pelajari kurikulum dari jurusan yang Anda pertimbangkan. Tinjau mata kuliah yang akan Anda ambil dan pastikan itu sesuai dengan minat dan tujuan karier Anda.

Luangkan waktu untuk mengunjungi website resmi perguruan tinggi yang dituju atau melalui media sosialnya untuk mendapatkan informasi lebih detail.

Kelima, berkonsultasi dengan konselor atau orangtua. Diskusikan pilihan Anda dengan konselor sekolah atau orangtua. Mereka dapat memberikan perspektif tambahan dan membantu Anda mempertimbangkan faktor-faktor yang mungkin Anda lewatkan.

Keenam, ikuti tes psikometri atau konseling karier. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi preferensi dan kepribadian yang mungkin memengaruhi pilihan jurusan Anda.

Ketujuh, perhatikan peluang pasca-kuliah. Tinjau peluang kerja, gaji rata-rata, dan potensi pertumbuhan karier di bidang yang Anda pilih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com