Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Masuk 37 MAN Unggulan? Daftar di Link Ini

Kompas.com - 09/01/2024, 10:26 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) kembali menyelenggarakan Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) tahun pelajaran 2024/2025.

Seleksi dilaksanakan pada MAN Insan Cendekia (IC), MAN Program Keagamaan (PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN).

Baca juga: PPDB Telah Dibuka, Ini Daftar 37 MAN Unggulan dan Syarat Daftarnya

"Pendaftaran secara online untuk jalur prestasi dan jalur tes dimulai pada 9 Januari hingga 17 Februari 2024," kata Direktur KSSK Madrasah Kemenag, Muchamad Sidik Sisdiyanto seperti dilansir dari laman Kemenag.

Seleksi dibuka untuk 37 Madrasah Unggulan se-Indonesia. Untuk jenis MAN IC ada sebanyak 24 sekolah, yakni MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo, MAN IC Jambi, MAN IC Aceh Timur, MAN IC Ogan Komering Ilir, MAN IC Siak, MAN IC Paser, dan MAN IC Kota Pekalongan.

Lalu ada, MAN IC Bangka Tengah, MAN IC Padang Pariaman, MAN IC Bengkulu Tengah, MAN IC Kota Batam, MAN IC Tanah Laut, MAN IC Sambas, dan MAN IC Kota Kendari.

Kemudian ada MAN IC Kota Palu, MAN IC Sorong, MAN IC Tapanuli Selatan, MAN IC Lombok Timur, MAN IC Halmahera Barat, MAN IC Gowa, MAN IC Pasuruan, MAN IC Lampung Timur, dan MAN IC Palangkaraya.

Sedangkan MAN Program Keagamaan ada 11 sekolah, yakni ada MAN 1 Jember, MAN 2 Kota Padang Panjang, MAN 3 Kota Makassar, MAN 1 Surakarta, MAN 1 Darussalam Ciamis, MAN 2 Mataram, MAN 1 Yogyakarta, MAN 4 Jombang, MAN 2 Samarinda, MAN 4 Banjar, dan MAN Batam.

Adapun jenis MA Kejuruan Negeri ada dua, yaitu MAKN Bolaang Mongondow dan MAKN Ende.

Dia menyatakan, calon peserta didik yang ingin mendaftar dapat melakukan pendaftaran secara daring atau online melalui link https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id.

Menurut Sidik, SNPDB memberikan kesempatan kepada lulusan terbaik MTs/SMP negeri dan swasta baik dalam dan luar negeri agar mendapatkan Pendidikan yang bermutu.

Baca juga: MAN Insan Cendekia Terbaik di Indonesia, Ada Pilihanmu di 2024?

Lalu memberikan peluang kepada MAN Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan MA Kejuruan Negeri untuk menjaring calon peserta didik baru yang memiliki potensi kecerdasan yang tinggi dan berkualitas di bidang akademik, keimanan dan ketakwaan, serta mempunyai wawasan kebangsaan yang tinggi.

Dia menegaskan, setelah dilakukan proses seleksi berkas akan diumumkan kelulusan masing-masing jalur.

Peserta seleksi jalur tes selanjutnya akan mengikuti tes seleksi dengan Computer Based Test (CBT). Saat ini terdapat 23 MAN Insan Cendekia di seluruh Indonesia.

Baca juga: Daya Tampung MAN Insan Cendekia 2024 di Tiap Daerah

"Dari 23 MAN IC, total daya tampung siswa yang bisa diterima berjumlah 2.460, putra dan putri," ungkap Sidik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com