Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Pengisian PDSS bagi Sekolah untuk Daftar SNBP 2024

Kompas.com - 08/01/2024, 15:32 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pengisian PDSS atau Pangkalan Data Sekolah dan Siswa menjadi salah satu tahapan penting dalam pelaksanaan SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) 2024.

Berkaca pada pelaksanaan SNBP 2023, ada banyak sekolah yang tidak melakukan finalisasi PDSS.

Akibatnya ada ribuan siswa yang tidak bisa melakukan pendaftaran pada SNBP 2023 silam. Sehingga penting bagi seluruh sekolah untuk mengetahui jadwal pengisian PDSS dan cara melakukan pengisian.

PDSS merupakan basis data yang berisikan rekam jejak kinerja sekolah dan nilai rapor siswa yang eligible untuk mendaftar SNBP 2024.

Baca juga: Ini Cara Membuat Akun SNPMB untuk Daftar SNBP dan SNBT 2024

Jika sekolah melakukan pengisian PDSS dan melakukan finalisasi, diharapkan semua siswa yang masuk dalam siswa eligible punya kesempatan mendaftar SNBP 2024.

Pengisian PDSS dilakukan oleh sekolah dan kebenaran data yang diisikan menjadi tanggung jawab Kepala Sekolah.

Ketua Umum SNPMB Prof. Ganefri mengimbau agar pihak sekolah bisa segera melakukan pengisian PDSS jangan menunggu saat terakhir menjelang ditutup.

Cara pengisian PDSS untuk daftar SNBP 2024

Selain itu Prof. Ganefri juga mengimbau bagi petugas, harus memastikan dan melakukan finalisasi saat pengisian PDSS agar pelaksanaan SNBP 2024 berjalan lancar.

"Segera diselesaikan pengisian PDSS dan pastikan setelah proses input data, lakukan finalisasi," kata Prof. Genefri dalam sosialisasi Pengisian PDSS yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube SNPMB BPPP, Senin (8/1/2024).

Dilansir dari laman SNPMB BPPP Kemdikbud, sekolah mengisi PDSS dengan nama siswa yang eligible mendaftar SNBP sesuai dengan kuota yang telah ditentukan beserta nilai rapornya masing-masing.

Ada beberapa ketentuan dalam pengisian PDSS, untuk tahun ajaran dan tingkat yang sama, PDSS mengakomodasi perbedaan kurikulum antara semester ganjil dan genap

PDSS mengakomodasi Kurikulum Nasional 2006 KTSP dan Kurikulum 2013 (Sistem Paket dan SKS) serta Kurikulum Merdeka. Sekolah yang tidak menggunakan kurikulum nasional tidak diperkenankan mendaftar PDSS.

Baca juga: Cara Registrasi Akun SNPMB untuk Gap Year, Siap-siap Daftar SNBT 2024

Sementara itu, Koordinator SNBP Riza Satria mengungkapkan, pengisian PDSS untuk SNBP 2024 ada empat tahapan penting yang harus dilalui.

1. Memeriksa data sekolah, pastikan data sekolah yang di Dapodik benar.

Riza menerangkan, jika data di Dapodik sudah benar, pasti di PDSS juga benar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com