Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2024, Siswa SMA Wajib Tahu

Kompas.com - 07/01/2024, 13:00 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Rangkaian Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun 2024 telah dimulai dengan sosialisasi tim penanggung jawab SNPMB sejak 28 Desember 2023.

Ketua tim penanggung jawab SNPMB Ganefri mengatakan, sistem seleksi mahasiswa baru tahun 2024 terbagi menjadi tiga jalur.

Tiga jalur tersebut ialah jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan, Seleksi Mandiri.

Baca juga: 6 Beasiswa S1-S3 Dalam Negeri Buka Awal 2024, LPDP hingga Telkom

"Saya kira selama ini seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru yang kita lakukan melalui jalur SNBP dan jalur ujian tulis berbasis komputer sejauh ini menurut hemat kami para rektor inilah proses seleksi yang kita anggap paling baik," kata Ganefri di Kantor Kemendikbud Ristek, Jakarta Selatan, Desember 2023 lalu.

Ganefri menjelaskan, jalur SNBP dilakukan berdasarkan hasil prestasi akademik dengan menggunakan rapor, prestasi akademik dan, non akademik.

Kuota jalur SNBP minimum 20 persen. Pada jalur ini, nantinya sekolah akan melakukan pengisian rapor siswa yang layak mengikuti SNBP pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Siswa yang dinyatakan lolos SNBP nantinya tidak akan diperbolehkan lagi mengikuti SNBT dan Seleksi Mandiri.

Terkait SNBT, lanjut Ganefri, akan diikuti oleh siswa yang terlebih dahulu daftar dan mengikuti ujian tulis Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai langkah awal seleksinya.

Baca juga: Berapa Biaya Pendaftaran UTBK SNBT 2024?

Hasil UTBK hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan masuk perguruan tinggi (PTN) negeri tahun 2024 sebanyak satu kali.

Kuota minimum masing-masing PTN diberikan sebanyak 40 persen kecuali PTN Badan Hukum kuota SNBT minimum sebanyak 30 persen.

Peserta yang diperbolehkan ikut UTBK antara lain siswa yang masih duduk dibangku ataupun lulusan kelas 12 sekolah menengah/sederajatnya dan berusia di bawah 22 tahun per 1 Juli 2024.

Selain itu, peserta atau lulusan Paket C juga diperkenankan ikut UTBK selama masih berusia di bawah 22 tahun per 1 Juli 2024.

Sementara terkait Seleksi Mandiri, tambah Ganefri nantinya bisa juga diseleksi melalui hasil UTBK bagi peserta yang sudah pernah ikut SNBT tahun 2024.

"Bagi yang ikut tahun 2023, 2022 yang ikut jalur mandiri itu juga ada berbasis tes oleh PTN masing-masing," ujar Ganefri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com