Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenag Buka Pendaftaran MAN Unggulan Mulai 8 Januari 2024

Kompas.com - 05/01/2024, 09:23 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran seleksi peserta didik baru pada madrasah-madrasah unggulan di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, calon peserta didik di madrasah ini akan diseleksi secara ketat untuk mengikuti pendidikan di 24 MAN Insan Cendikia, 11 MAN Program Keagamaan, dan 2 MA Kejuruan Negeri.

Baca juga: 15 MAN Insan Cendekia Terbaik, Acuan Daftar 2024/2025

Menurut dia, MAN IC merupakan madrasah unggulan nasional bidang sains dan humaniora yang dibina langsung Kemenag untuk menampung calon peserta didik berbakat dan berprestasi.

"Lulusan MAN IC diharapkan dapat mengakses perguruan tinggi top nasional dan internasional, serta menjadi teknokrat, saintis, dan pemimpin masa depan di bidangnya masing-masing," kata dia dilansir dari laman Kemenag, Jumat (5/1/2024).

Sementara MAN PK memiliki keunggulan bidang agama dan keagamaan yang dibina langsung Kemenag.

"Lulusan MAN PK diharapkan mampu menggabungkan keulamaan dan kecendekiawanan. MAN PK diselenggarakan dalam suasana pendidikan yang menggabungkan antara persekolahan dan pondokan untuk memungkinkan belajar 24 jam sehari dengan variasi metodologi pembelajaran," ungkap pria yang akrab disapa Kang Dhani ini.

Direktur KSKK Madrasah Kemenag, M. Sidik Sisdiyanto menjelaskan proses pendaftaran SNPDB pada madrasah unggulan nasional secara resmi tahun 2024 ini akan dibuka mulai tanggal 8 Januari hingga 17 Februari 2024.

"Lulusan Pondok Pesantren Muadalah dan santri PDF yang memiliki SK Kemenag RI dapat mendaftar sebagai calon peserta didik baik MAN IC, MAN PK, maupun MAKN seluruh Indonesia," jelas Sidik.

Baca juga: 12 Madrasah Aliyah Masuk 100 Sekolah Terbaik Indonesia

Tak lupa, SNPDB tahun 2024 kali ini juga menyediakan jalur prestasi keagamaan. Calon peserta didik dengan kemampuan membaca kitab turats (kitab kuning) dan hafal Al Quran minimal 15 juz dapat mendaftar di MAN PK.

"Jalur prestasi tambahan ini diperuntukkan untuk bisa diterima di MAN PK saja," tambah Sidik.

Sidik berharap kepada calon peserta didik untuk segera mendaftarkan diri dan memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan layanan pendidikan madrasah yang berkualitas.

Selain itu, peserta didik didorong agar membekali diri dan berperan dalam Pembangunan bangsa sebagai calon pemimipin serta generasi penerus bangsa yang berkarakter madrasah.

Baca juga: Daya Tampung MAN Insan Cendekia 2024 di Tiap Daerah

Adapun pembukaan pendaftaran ini memberikan kesempatan yang lebih luas bagi calon peserta didik berbakat untuk menempuh pendidikan di madrasah-madrasah atau MAN unggulan nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com