Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FSGI: Banyak Sekolah Belum Tahu Mapel PPKN Diubah Jadi Pendidikan Pancasila

Kompas.com - 01/01/2024, 12:00 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketua Dewan Pakar Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti mengatakan, sampai saat ini masih banyak sekolah negeri yang belum mengetahui perubahan mata pelajaran PPKN menjadi Pendidikan Pancasila.

Padahal, kata Retno, perubahan tersebut sudah tertuang pada Keputusan Mendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

"Meski telah ditetapkan secara resmi sebagai mata pelajaran Pendidikan Pancasila, namun pada realitanya di lapangan, masih banyak sekolah dan dinas pendidikan yang belum tahu dan paham perubahan tersebut," kata Retno melalui keterangan tertulis, Minggu (31/12/2023).

Baca juga: Ini Perbedaan Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila

Selain itu, lanjut Retno, buku mata pelajaran Pendidikan Pancasila juga sampai saat ini masih belum beredar di masyarakat.

Buku tersebut padahal sudah dibuat oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan sudah dicetak.

"Namun faktanya belum ada buku teks utama Pendidikan Pancasila yang sudah dicetak dan diperjual belikan, yang ada baru dalam bentuk softcopy," ujarnya.

Oleh karena itu, Retno mendorong Kemendikbud Ristek bekerja sama dengan BPIP melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang perubahan mata Pelajaran PPKn ke Pendidikan Pancasila.

Sosialisasi masif itu dilakukan ke guru, sekolah, dinas-dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten atau kota.

Baca juga: FSGI: 30 Kasus Perundungan Terjadi di Sekolah Sepanjang Tahun 2023

Serta mendorong Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk memastikan penyediaan buku Pendidikan Pancasila.

"Tidak hanya dalam bentuk softcopy tapi juga hardcopy atau cetak sehingga pengadaannya di perpustakaan sekolah dapat segera tersedia untuk efektifnya proses pembelajaran mata Pelajaran Pendidikan Pancasila," ucap Retno.

Sebagai informasi, secara resmi, mata pelajaran Pancasila menggantikan PPKN mulai Juli 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com