Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Beasiswa S2-S3 yang Menawarkan Kuliah Gratis dan Tunjangan Keluarga

Kompas.com - 18/12/2023, 15:00 WIB
Theresia Aprilie,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Beasiswa adalah salah satu cara untuk mewujudkan impian kuliah di luar negeri. Beberapa beasiswa memang menawarkan dukungan keuangan yang mencukupi untuk biaya kuliah, biaya hidup, akomodasi, dan kebutuhan sehari-hari. Namun, tidak semua beasiswa menawarkan tunjangan untuk keluarga.

Padahal beasiswa yang menyediakan alokasi tambahan untuk keluarga dapat memberikan dorongan besar bagi para penerima beasiswa yang tidak hanya berjuang untuk meraih pendidikan tinggi, tetapi juga memiliki tanggung jawab keluarga.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Oxford 2024: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 368 Juta Per Tahun

Berikut adalah empat beasiswa luar negeri yang memberikan tunjangan keluarga bagi penerima beasiswa yang telah dirangkum oleh Kompas.com.

1. Beasiswa LPDP (Khusus untuk S3)

LPDP S3 adalah beasiswa yang diberikan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia kepada dosen atau calon dosen perguruan tinggi akademik dan vokasi untuk melanjutkan studi doktor (S3) di dalam atau luar negeri. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, biaya penelitian, dan biaya lainnya.

Beasiswa ini juga memberikan tunjangan keluarga bagi penerima beasiswa yang menikah dan/atau memiliki anak. Tunjangan keluarga diberikan kepada maksimal dua orang anggota keluarga (anak, suami, atau istri) dengan besaran 25 persen dari biaya hidup bulanan.

Baca juga: 25 Kampus Tujuan Beasiswa LPDP dengan Persentase Penerimaan Tinggi

Beasiswa LPDP biasanya akan dibuka dalam dua tahap, tahap pertama pada bulan Januari dan tahap kedua pada bulan Juni. Untuk informasi lebih lanjut terkait beasiswa LPDP dapat diakses melalui https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/beasiswa/umum/beasiswa-reguler-2023/

2. Gates Cambridge Scholarship (S2 dan S3)

Gates Cambridge Scholarship adalah beasiswa penuh yang diberikan oleh Bill and Melinda Gates Foundation kepada mahasiswa berprestasi dari seluruh dunia untuk melanjutkan studi pascasarjana di University of Cambridge, Inggris.

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, dan biaya lainnya. Selain itu, beasiswa ini juga memberikan tunjangan keluarga bagi penerima beasiswa yang menikah dan memiliki anak.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Gates Cambridge 2024 Segera Dibuka, Tunjangan Rp 389 Juta

Tunjangan anak ini berjumlah 11.604-16.548 pound untuk 2 anak atau lebih, jika dikonversikan berkisar Rp 228 juta - Rp 325 juta per tahunnya.

Berdasarkan pendaftaran tahun ini, beasiswa ini akan dibuka pada bulan September. Info selengkapnya dapat diakses melalui https://www.gatescambridge.org/programme/the-scholarship/

3. Beasiswa Pendidikan Indonesia

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) adalah beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia kepada mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi S1, S2, atau S3 di dalam atau luar negeri.

Sama seperti beasiswa LPDP, beasiswa ini juga memberikan tunjangan keluarga bagi penerima beasiswa yang menikah dan/atau memiliki anak. Tunjangan keluarga diberikan kepada maksimal dua orang anggota keluarga (anak, suami, atau istri) dengan besaran 25 persen dari biaya hidup bulanan.

Baca juga: 6 Program yang Dibuka pada Beasiswa Pendidikan Indonesia 2023

Beasiswa ini biasanya membuka pendaftaran pada bulan Maret. Informasi lebih lanjut tentang Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dapat diakses melalui https://beasiswa.kemdikbud.go.id/

4. DAAD Scholarship (S2)

DAAD Scholarship adalah beasiswa yang diberikan oleh Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) atau Jerman Academic Exchange Service kepada mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi pascasarjana di Jerman.

Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, biaya asuransi, dan biaya lainnya. Beasiswa ini juga memberikan tunjangan keluarga bagi keluarga penerima beasiswa yang menetap sementara. Kisaran tunjangan keluarga yaitu Rp 3 juta - Rp 4 juta per bulan.

Baca juga: 11 Beasiswa S1-S3 Jerman 2024 Tanpa Syarat IELTS, Bisa Kuliah Gratis

Pendaftaran beasiswa DAAD biasanya dibuka hingga bulan September. Info lebih lanjut bisa diakses melalui laman https://www.daad.id/en/find-funding/daad-scholarships-for-indonesia/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com