Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Sukses Jalani Karier Digital di Media Sosial ala Pakar Unair

Kompas.com - 30/12/2023, 19:30 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengenalan potensi diri dinilai menjadi bekal awal paling penting untuk bisa terjun ke dunia industri kreatif.

Hal itu diungkapkan Ketua Peminatan Industri Kreatif dan Magister Pengembangan Sumber Daya Manusia Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga (Unair), Santi Isnaini dalam Forum terkait kiat sukses berkarier melalui media sosial dalam karier digital.

"Bekal awal yang pertama adalah pengenalan potensi diri atau self awareness," kata Santi dikutip dari laman resmi Unair, Selasa (26/12/2023).

Baca juga: 20 Pekerjaan yang Akan Eksis di Tahun 2027

Menurut Santi, sebelum terjun ke dunia industei kreatif sangat penting untuk mengenal semua nilai yang ada dalam diri masing-masing.

Setelah mengenal nilai diri sendiri, baru kemudian bisa memilih platform mana yang sesuai dengan potensi diri seperti Instagram atau Facebook.

"Kita harus mengenali potensi diri dan value kita sebelum terjun ke dunia industri kreatif," ujarnya.

"Kemudian, kita dapat memilih media sosial yang sesuai dengan potensi diri yang kita miliki, entah Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain," lanjut dia.

Santi menambahkan, untuk berkarier di dunia digital, juga perlu kreativitas dan inovasi untuk mengembangkan personal branding.

Baca juga: Mau Baca Ebook Gratis? Akses Perpustakaan Digital Kemendikbud-Gramedia

Sebab tanpa ada value diri yang berkesan, kreasi, dan inovasi, maka akan kesulitan untuk bersaing di dunia digital.

"Saya rasa, dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang begitu pesat, tak jarang seseorang akan berlomba untuk berkarir di dunia digital," ungkapnya.

"Dalam hal ini, media sosial dapat bermanfaat untuk sarana dalam mempromosikan atau mengembangkan value diri," ucap Santi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com