Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom University Punya Kampus di Surabaya, Cek 11 Prodinya

Kompas.com - 28/12/2023, 06:25 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) terbaik di Indonesia, Telkom University kini punya kampus di Surabaya, Jawa Timur.

Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbud Ristek RI) nomor 931/E/O/2023, tentang penyatuan Telkom University dengan Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), secara resmi Telkom University bergabung dengan ITTS, dan menjadi Telkom University Kampus Surabaya (TUKS).

Telkom University Surabaya ini berada di Jalan Ketintang Nomor 156, Gayungan, Surabaya, Jawa Timur.

Baca juga: Kisah Anas, Kuliah S2 Online di Telkom University, Lulus dengan IPK 4

11 prodi di Telkom University kampus Surabaya

Di awal berdirinya, Telkom University Surabaya memiliki 11 program studi (prodi), antara lain:

Fakultas Teknik Elektro

  • S1 Teknik Telekomunikasi
  • S1 Teknik Elektro
  • S1 Teknik Komputer

Fakultas Rekayasa Industri

  • S1 Sistem Informasi
  • S1 Teknik Industri
  • S1 Teknik Logistik

Fakultas Informatika.

  • S1 Informatika
  • S1 Rekayasa Perangkat Lunak
  • S1 Data Sains
  • S1 Teknologi Informasi


Baca juga: Telkom University Buka Pendaftaran S1 2024, Sekian Biaya Kuliahnya

Jadi warna baru dalam dunia pendidikan

Mutu pendidikan yang dihadirkan di kampus Surabaya akan sama dengan kualitas pendidikan yang ada di Telkom University kampus utama yang berada di Bandung, Jawa Barat.

Telkom University Surabaya memberikan fasilitas penunjang pembelajaran yang terbaik untuk mahasiswa. Sehingga mampu menjadi agen perubahan bagi bangsa Indonesia.

Rektor Telkom University, Prof. Adiwijaya mengatakan, hadirnya Telkom University di Surabaya merupakan salah satu bentuk komitmen Telkom University untuk menyebarkan mutu pendidikan berkualitas bagi seluruh Masyarakat Indonesia.

"Kami berharap hadirnya Telkom University di timur pulau Jawa, bisa memberikan warna baru dalam dunia pendidikan. Selamat bergabung menjadi bagian dari perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia, dan mari bersama-sama kita berkontribusi untuk bangsa dan dunia," terang Prof. Adiwijaya seperti dikutip dari laman Telkom University, Rabu (27/12/2023).

Penggabungan dua perguruan tinggi di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) ini merupakan bagian dari program YPT yaitu Telkom University Nasional Campus (TUNC).

Sebelumnya di awal tahun 2023 Telkom University bergabung dengan Institut Teknologi Telkom Jakarta, dan menjadi Telkom University Kampus Jakarta (TUKJ).

Direktur Utama YPT Dodi Irawan menambahkan, di awal tahun 2024 akan bergabung Telkom University dengan Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

Baca juga: 11 Jurusan Kedokteran Terbaik di Indonesia, Referensi Daftar 2024

Menurut dia, tujuan adanya program TUNC adalah Untuk memperluas jangkauan Telkom University di seluruh Indonesia.

"Seperti kita semua tahu bahwa kualitas pendidikan Telkom University sangat baik, dan kami ingin menghadirkan Telkom University untuk masyarakat di seluruh Indonesia. Sehingga dapat mengakselerasi peningkatan Angka Partisipasi Kotor (APK), meningkatkan penyebaran pendidikan tinggi dan lulusan yang berkualitas," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com