Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng SOAS University of London, ISRSF Luncurkan "Beasiswa Arryman 2024"

Kompas.com - 23/12/2023, 09:44 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Yayasan Beasiswa dan Dukungan Penelitian Indonesia atau The Indonesian Scholarship and Research Support Foundation (ISRSF) mengumumkan peluncuran Beasiswa Arryman tahun 2024 yang diharapkan dapat memperkuat pendidikan dan penelitian di Indonesia.

Sebagai informasi, ISRSF merupakan organisasi diinisiasi cendekiawan Indonesia dan Amerika yang berkomitmen membina cendekiawan dan beasiswa untuk Indonesia.

Program ini merupakan kolaborasi antara ISRSF dan SOAS University of London yang terkenal sebagai institusi pendidikan ternama di Inggris dan di dunia. Hal ini menjadi langkah progresif ISRSF untuk memajukan kualitas sumber daya riset dan pendidikan tinggi Indonesia.

Ketua ISRSF, Irfan Hutagalung menyampaikan, "dengan penuh semangat, kami mendukung generasi muda Indonesia untuk mencapai pendidikan tinggi yang berstandar global."

"Beasiswa Arryman merupakan jalan bagi para sarjana Indonesia untuk memperdalam pengetahuan di sektor ekonomi dan kebijakan publik," tambahnya.

Tahun 2023, ISRSF telah mengirimkan gelombang pertama talenta muda berbakat Indonesia untuk belajar ke salah satu universitas ternama di Inggris dan di dunia itu.

Beasiswa Arryman dirancang memberikan dukungan lengkap kepada calon akademisi muda Indonesia yang berprestasi dan ingin melanjutkan pendidikan mereka dari M.Sc. hingga Ph.D di SOAS University of London.

Program ini meliputi semua biaya pendidikan, tempat tinggal, tiket penerbangan Jakarta-London-Jakarta, asuransi kesehatan, dukungan riset, dan biaya hidup sepanjang periode studi.

Irfan menambahkan bahwa, “program beasiswa ini unik dan mungkin satu-satunya di Indonesia dimana setelah penerima beasiswa menuntaskan studinya sampai jenjang Ph.D., mereka disiapkan tempat di Indonesia untuk menjadi akademisi dan periset kelas dunia.”

Beasiswa ini terbuka untuk lulusan S1 dari Indonesia yang memiliki catatan akademik yang baik. Proses seleksi melibatkan evaluasi administratif dan wawancara yang ketat untuk menjamin hanya kandidat terbaik yang terpilih.

Para kandidat juga harus memiliki dedikasi yang kuat untuk kembali dan memberikan kontribusi di Indonesia setelah menyelesaikan studi.

Batas waktu pendaftaran Beasiswa Arryman adalah 31 Januari 2024. Seleksi akan dilakukan setelahnya , dan pengumuman kandidat yang berhasil akan dijadwalkan pada April 2024.

Irfan mengajak orang muda Indonesia yang berambisi dan berdedikasi untuk memanfaatkan kesempatan ini.

Program ini diharapkan dapat membuka lebih banyak peluang bagi pemuda-pemudi Indonesia untuk memberikan kontribusi dalam kemajuan pendidikan dan penelitian di Indonesia serta di panggung internasional.

Baca juga: 5 Beasiswa S1-S3 ke Australia 2024, Beri Biaya Pendidikan dan Hidup

“Keberhasilan mereka akan memberikan dampak yang besar terhadap kemajuan riset dan pendidikan tinggi di Indonesia terutama di bidang ekonomi dan kebijakan,” pungkasnya.

Informasi lebih detail tentang Beasiswa Arryman dan prosedur pendaftarannya bisa ditemukan di situs resmi ISRSF di www.isrsf.org.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com