Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Binus University Raih 4 Penghargaan "Anugerah Diktiristek 2023"

Kompas.com - 22/12/2023, 10:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Binus University mendapatkan empat penghargaan "Anugerah Diktiristek 2023" yang digelar di Jakarta pada 13 Desember 2023.

Penghargaan yang diraih Binus University meliputi:

  • Gold Winner Anugerah Kerja Sama, Kategori PTS, Subkategori Kerja Sama Internasional Terbaik
  • Gold Winner Anugerah Kerja Sama Kategori PTS, Subkategori Kerja Sama dengan Pemerintah dan NGO Terbaik
  • Bronze Winner Anugerah Riset, Teknologi, dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kategori Dosen Berprestasi Usia di atas 40 Tahun dengan Sinta Score Tertinggi periode tahun 2020-2022, Bens Pardamean
  • Terbaik Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kategori Kampus Merdeka Mandiri, Sub kategori Perguruan Tinggi Penyelenggara Terbaik

Keempat penghargaan ini diterima oleh Rektor Binus University, Nelly dan didampingi Prof. Engkos Achmad Kuncoro (Vice Rector Academic Development), Johan (Vice Rector Global Employability & Entrepreneurship), dan Ratna Sari (Binus Career Center Manager).

Dalam kesempatan tersebut Rektor Binus University Nelly mengungkapkan pihaknya beryukur atas pencapaian ini.

“Penghargaan ini dipersembahkan untuk seluruh Binusian khususnya mahasiswa. Kita ingin mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar terbaik. Ini tidak lepas dari kolaborasi yang saya yakini sangat berperan dalam memberikan nilai tambah bagi pengalaman belajar mahasiswa, " jelas Nelly.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Prof. Nizam mengungkapkan transformasi pendidikan tinggi selama empat tahun ini telah berlangsung dengan akseleratif dan mulai bisa dirasakan hasilnya.

“Melalui program transformasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, telah kita lihat kedekatan hubungan kampus dan dunia usaha dunia industri semakin erat," ungkap Prof. Nizam.

"Selain itu kerja sama baik pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat telah menetaskan banyak hasil yang dirasakan oleh masyarakat dan dunia usaha dunia industri,” tambah Prof. Nizam.

Berkat hasil keras tersebut, Prof. Nizam melanjutkan, menurut Global Innovation Index 2023, indikator untuk kolaborasi antara kampus dan industri dalam riset dan pengembangan mengalami kenaikan menjadi peringkat ke-5 di dunia.

Selain itu, berdasarkan laporan INSEAD, selama lima tahun terakhir Indonesia mengalami peningkatan daya saing talenta tertinggi di Asia dan kedua di dunia.

Pada malam Anugerah Diktiristek 2023, sebanyak hampir 500 penghargaan diberikan kepada perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), mitra perguruan tinggi dari dunia usaha dan dunia industri, kementerian/lembaga, serta para jurnalis dan media.

Baca juga: Program World Class Professor, Direktur Sumber Daya Dikti: Tingkatkan Kualitas Riset dan Publikasi

Terdapat 10 subpenghargaan diberikan meliputi Anugerah Prioritas Nasional, Anugerah Mitra Kerja Sama Pendukung Program Diktiristek, Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Anugerah Sumber Daya, Anugerah Kelembagaan, Anugerah Riset, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Anugerah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Anugerah Humas, Anugerah Kerja Sama, serta Anugerah Jurnalis dan Media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com