Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PresUniv Jadi Satu-satunya PTS Penerima Beasiswa Global Hyundai Motor Foundation

Kompas.com - 16/12/2023, 13:35 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - President University (PresUniv) melakukan penandatanganan kerja sama (MoU) untuk beasiswa global dengan Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation di Jakarta pada 11 Desember 2023. 

Selain PresUniv, kerja sama global scholarship juga dilakukan antara Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation dan Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan Institut Teknologi Bandung.

“President University adalah satu-satunya universitas swasta yang menerima beasiswa dari Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation," ungkap John Choi, Sekretaris Jenderal Hyundai Motor Chung Mong-koo Foundation.

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh John Choi, Sekretaris Jenderal Hyundai Motor Chung Mong-koo Foundation dan Prof. Chairy, Rektor PresUniv.

"Hubungan Indonesia dan Korea Selatan di berbagai sektor saat ini tengah mencapai puncaknya. Hadirnya Korean Wave di Indonesia telah memberikan kontribusi yang sigfinikan dalam penguatan ikatan budaya antara Indonesia dengan Korea Selatan," ungkap Prof. Chairy melalui rilis resmi (15/12/2023).

"K-Pop dan K-Drama telah menjadi jembatan budaya yang melampaui batas, menghubungkan antara penggemar di Indonesia dengan dunia hiburan Korea Selatan yang begitu dinamis," tambah Rektor PresUniv.

Sebagai informasi, Beasiswa Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation diberikan kepada mahasiswa tingkat sarjana. Sebelumnya, beasiswa hanya diberikan kepada mahasiswa program magister dan doktor.

Beasiswa ini akan diberikan kepada 20 mahasiswa Indonesia setiap tahunnya. Mereka adalah mahasiswa dari jurusan industri, manajemen dan ekonomi, sastra dan kebudayaan Korea, serta kebijakan pembangunan.

Lewat beasiswa tersebut, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan reguler selama dua semester di Seoul National University, Korea University, Yonsei University dan Hanyang University. Selain itu, mahasiswa juga akan mengikuti program liburan musim dingin atau musim panas di kampus tersebut.

Nama Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation digunakan untuk mengenang nama Chung Mong-Koo, Honorary Chairman dan mantan CEO Hyundai Motor Group, yang dikenal sangat peduli dengan pengembangan talenta-talenta.

Hyundai adalah produsen mobil terbesar di Korea Selatan. Sementara, Hyundai Group adalah salah satu konglomerat terbesar di negara itu.

Menurut Prof. Chairy, pemberian beasiswa tersebut mencerminkan dedikasi Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation dan perguruan tinggi dalam berinvestasi pada pengembangan modal intelektual Indonesia.

“Ini sekaligus menunjukkan komitmen Korea Selatan untuk ikut berperan dalam menghasilkan pemimpin-pemimpin masa depan. Mereka ini kelak akan ikut berkontribusi pada kemajuan hubungan dua negara tersebut," ujar Prof. Chairy.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 Oxford 2024: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 368 Juta Per Tahun

"Kesediaan Hyundai Motor Chung Mong-Koo Foundation untuk memberikan beasiswa sekaligus merupakan bukti pengakuan Korea Selatan terhadap potensi Indonesia," tegas Prof. Chairy menutup penjelasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com